TIMOR

COVID-19 Meningkat, Pjs Bupati Belu Minta Perketat Setiap Pintu Masuk

ATAMBUA, Kilastimor.com-Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Belu, Zakarias Moruk dalam konferensi persnya bersama media ruang rapat Bupati Belu meminta masyarakat Belu untuk mempertahankan posisi zona hijau dari ancaman COVID-19. “Belu sampai saat ini masih zona hijau, mari kita pertahankan agar tidak ada yang positif corona,” bilangnya Senin (28/9/2020).

Dikemukakan, saat ini hanya tersisa empat kabupaten di NTT, termasuk Kabupaten Belu yang belum satupun warga terkena corona.

Kondisi ini paparnya, patut dipertahankan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, dengan selalu mencuci tangan, menggunakan masker, menjauhi kerumunan orang dan jaga jarak. “Kalau kita tetap taat protokol COVID-19, pasti tetap zona hijau,” bilangnya.

Masih menurut Zaka Moruk, Belu memiliki empat pintu masuk yakni pintu masuk dari Malaka, TTU, bandara maupun PLBN Motaain.
Karena itu, posko di Motamaro, Teun, Motadik, PLBN dan Bandara perlu diperketat pemeriksaan. “Saya minta posko dipintu masuk Belu harus diperketat. Gugus tugas harus lebih aktif lagi, karena kurva COVID-19 di NTT terus meningkat,” ungkapnya.

Sementara itu, data yang dirilis Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Belu sesuai data monitoring dari wilayah kerja 17 Puskesmas yang tersebar di 12 Kecamatan Kabupaten Belu per Senin, (28/9/2020) menyebutkan, pelaku perjalanan sebanyak 2.695 orang dan yang selesai dipantau 2.642 orang, sedangkan dalam pemantauan sebanyak 53 orang.
Orang yang suspek baik ODP dan PDP sebanyak 82 orang dan selesai 82 orang. Orang dalam pemantauan nihil.

Baca Juga :   Ketua DPRD: Kades Harus Kerja 24 Jam

Untuk orang yang kontak erat dengan OTG sebanyak 39 orang. Selesai dipantau sejumlah 32 orang. Sedangkan pemantauan berjumlah 7 orang. Rinciannya, 1 orang di Kecamatan Tasifeto Timur, 2 orang di Kecamatan Kota Atambua, 3 orang di Kecamatan Atambua Barat, dan 1 orang di Kecamatan Atambua Selatan.
Tujuh orang tersebut telah melalukan tes SWAB dan saat ini masih menunggu hasil. Selain itu, telah dikirim juga 40 sampel SWAB ke Laboratorium Biomollekular Kupang sehingga total sampel SWAB yang telah dikirim sebanyak 47 sampel.

Masih menurut rilis, orang terkonfirmasi positif COVID-19 nihil. (ferdy talok/advertorial kerja sama dengan dinas kominfo belu)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top