POLITIK

Ketua KPU Belu: Syarat Dukungan dan Pencalonan Sahabat Diterima

ATAMBUA, Kilastimor.com-Pendaftaran Bakal Pasangan Calon Bupati-Wakil Bupati Belu, Willybrodus Lay-JT. Ose Luan berjalan lancar dan diterima KPU Belu, Minggu (6/9/2020).

KPU Belu menyatakan menerima pendaftaran pasangan calon dengan tagline Sahabat, setelah memeriksa syarat dukungan dan syarat pencalonan.

Pantauan media ini, Willy Lay-JT. Ose Luan bersama belasan ribu pendukung tiba di KPU sekira pukul 14:00 Wita. Saat tiba, Sahabat didampingi Ketua dan Sekretaris PDIP, Gerindra, PAN, Demokrat, PPP dan Hanura diterima komisioner dan jajaran KPU Belu. Turut hadir Ketua dan anggotan Bawaslu Belu maupun aparat Polri dan TNI yang mengamankan jalannya pendaftaran.

Usai sekapur sirih, paslon dan pimpinan partai politik dipersilahkan masuk ke ruang pendaftaran sekaligus menyerahkan dokumen pendaftaran.

KPU kemudian melakukan penelitian dan pencocokan atas dokumen syarat dukungan partai politik maupun syarat pencalonan. Alhasil, semua dokumen syarat dukungan dan pencalonan lengkap dan dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara antara KPU dan Paket Sahabat.

Ketua KPU Belu, Mikhael Nahak dalam sambutan penutupnya mengatakan, KPU Belu akan bekerja dengan profesional dalam Pilkada 9 Desember 2020.

Disebutkan, pendaftaran paket Sahabat diterima KPU untuk dilanjutkan ke tahapan berikutnya.

Setelah pendaftaran ini terang dia, akan dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan menyeluruh, hingga 11 September nanti.

Pada kesempatan itu dia meminta kepada Sahabat untuk mempersiapkan surat cuti diluar tanggung jawab negara, dan surat itu dimaksukan sebelum pelaksanaan kampanye nanti.

Baca Juga :   Pariwisata Bisa Menggerakan Ekonomi Masyarakat

Sementara itu, Ketua Bawaslu Belu, Andre Parera mengemukakan, paradigma Bawaslu saat ini lebih pada pencegahan bukan penindakan. Karena itu, tim dan pasangan balon harus melihat hal mana yang diperbolehkan dan hal mana yang dilarang.

“Paket Sahabat bukan orang baru di Pilkada, jadi sudah tau apa yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan,” bilangnya.

Dia meminta pasangan balon agar membersihkan Alat Peraga Kampanye (APK) yang sudah dipasang saat ini. Pasalnya itu menjadi tugas calon untuk memcabutnya, bukan Bawaslu.

Dia berharap Pilkada 2020 berjalan sesuai regulasi yang ada, dan pesta demokrasi ini sukses menghasilkan pemimpin rai Belu yang amanah. (ferdy talok)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top