TIMOR

Pemda Belu dapat BLK Komunitas dari Kemenakertrans

Laurentius Kiik Nahak

ATAMBUA, Kilastimor.com-Pemda Belu dibawah kepemimpinan Wilybrodus Lay dan Ose Luan mendapat bantuan dari Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrai berupa sebuah unit Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas yang akan segera dibangun pada bulan ini.

Pembangunan BLK ini diusulkan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Belu sejak tahun 2019 dan direspon positif oleh Kemenakertrans.

Kepala Dinas Nakertrans Belu, Laurentius Kiik Nahak kepada wartawan, Selasa (1/9/2020) di ruang kerjanya mengemukakan, BLK ini diperuntukan bagi masyarakat Kabupaten Belu melalui komunitas besar seperti yayasan yang bergerak di bidang sosial.

Dijelaskan, dalam rangka menjawab visi misi bupati dan wakil bupati Belu khusunya di bidang tenaga kerja, Disnakertrans Belu terus berupaya melakukan terobosan dan inovasi.

Salah satu terobosan yang dilakukan adalah dengan membangun kerja sama dengan Kementerian dan sejumlah Balai Besar Pelatihan (BBP) di Indonesia.

“BLK yang akan dibangun ini merupakan upaya Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi kabupaten Belu dalam menerjemahkan atau semacam penajaman program dengan bekerja sama dengan balai-balai besar dan Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Upaya ini menurut saya untuk menjawabi keterbatasan kemampuan APBD kita sehingga apabila dipaksakan untuk investasi pembangunan gedung BLK, saya yakin APBD kita tidak kuat karena pembangunan BLK yang komplit membutuhkan dana yang sangat besar karena selain bangunan, harus ada isi bangunan termasuk instruktur sehingga kita membangun kerja sama dan komunikasi dengan Kementerian untuk membantu kita dalam membangun BLK komunitas dan itu terjawab tahun ini,” paparnya.

Baca Juga :   Korban yang Terseret Banjir Ditemukan Tak Bernyawa

BLK ujarnya, merupakan sebuah lembaga pendidikan informal yang menyelenggarakan pelatihan tenaga kerja untuk mencipatakan tenaga kerja terampil dan juga menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat kabupaten Belu khususnya bagi generasi muda.

BLK komunitas yang akan dibangun ini merupakan sebuah paket bangunan beserta isinya dan selanjutnya ada satu paket pelatihan yang akan dilaksanakan usai pembangunan BLK yang rencananya akan mulai dikerjakan pada bulan September ini di Haliwen, kelurahan Manumutin, Kecamatan Kota Atambua, Belu.

Terkait lokasi pembangunan, Laurentius menyampaikan bahwa tim dari Kemenaker sudah melakukan survey dan pengukuran bersama pengelola BLK komunitas Yayasan Bentara Sabda Timor.

“Di tahun kelima kepemimpinan Bupati Wilybrodus Lay, Pemda dihadiahkan satu paket BLK komunitas. Kegiatan yang kita lakukan ini untuk merespon visi dan misi pak Bupati 2016-2021.Sebagai Dinas kami wajib menerjemahkan program itu,”

Setelah BLK komunitas dibangun, akan diikuti dengan pelaksanaan kegiatan sebuah paket pelatihan dimana untuk spesifikasi pelatihan akan ditentukan Yayasan Bentara Sabda Timor sesuai kebutuhan. (ferdy talok/advertorial kerja sama dengan dinas kominfo belu)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top