TIMOR

Tinjau Plaza Pelayanan Publik Atambua, Wali Kota Kupang Bakal Kirim Tim untuk Studi Banding

ATAMBUA, Kilastimor.com-Plasa Pelayanan Publik yang dibangun Pemda Belu dibawah duet kepemimpinan Bupati Belu, Willybrodus Lay dan Wabup, JT. Ose Luan kian menarik perhatian pemerintah kabupaten maupun kota di NTT.

Kamis (17/9/2020), Wali Kota Kupang, Dr. Jefirston R. Riwu Kore MM bersama jajarannya menyempatkan diri melihat Plaza Pelayanan Publik, usai melakukan penandatanganan MoU dengan Pemda Belu terkait tera dan metrologi.

Pantauan media ini, Wali Kota Kupang melihat dengan seksama pelayanan perizinan yang ada pada plaza tersebut. Setiap loket pelayanan didatangi sembari melakukan dialog kecil bersama petugas.

Mantan anggota DPR RI dua periode itu terlihat kagum dengan plaza tersebut. Pasalnya lengkap dan rapi. Ditambah lagi fasilitas pendukung memadai termasuk sistem informasinya. Lebih dari itu terintegrasi semua pelayanan yang ada.

Usai memantau plaza pelayanan publik, Jefri Riwu Kore sapaan karib Wali Kota Kupang itu angkat bicara.

Dikemukakan, dirinya mengapresiasi Plaza Pelayanan Publik Timor Atambua, yang bangun Pemda Belu. “Saya kagum dan apresisasi hasil kerja jenius Pemda Belu dibawa kepemimpinan Bupati dan Wabup saat ini,” katanya.

Plaza Pelayanan Publik ini lanjutnya, sangat luar biasa, karena begitu lengkap dalam berbagai segi. Ternyata, semua jenis perizinan telah diarahkan ke tempat ini. Dengan begitu, masyarakat tidak kesulitan mengurus keperluannya.
Lebih dari itu, sistem informasi pelayanan begitu lengkap dan bisa menjadi acuan bagi pihaknya. “Ternyata semua lengkap, termasuk kafenya dan anjungan ATM,” tuturnya.

Baca Juga :   Komisi I dan II DPRD Jadwalkan Pemanggilan Kapolres Belu

Masih menurutnya, dia akan segera mengirim pimpinan OPD dan staf untuk belajar di Plaza Pelayanan Publik Atambua. Hal ini perlu agar bisa membenahi sistem pelayanan publik di Kota Kupang. “Saya akan kirim OPD terkait untuk datang belajar,” urainya.

Setelah itu terang Jefri, pihaknya juga akan mendirikan Plaza Pelayanan Publik demi melayani masyarakat Kota Kupang. “Setelah belajar, kita akan buat juga Plaza Pelayanan Publik di Kota Kupang,” tandasnya.

Baginya, ini merupakan karya luar biasa dari Pemda Belu dibawah kepemimpinan Willy Lay-Ose Luan. Tentunya Pemkot Kupang akan jadikan tempat belajar dan berbagi informasi.

Terpisah, Bupati Belu, Willy Lay kepada media ini mengatakan, pihaknya berterimakasih kepada Wali Kota yang telah mengunjungi pembangunan Plaza Pelayanan Publik Atambua.
Tentunya, ini menjadi kebanggaan masyarakat Belu, karena menjadi pusat belajar dari Pemda lain. “Kita siap terima siapa saja yang akan belajar di Plaza tersebut, termasuk jajaran Pemkot Kupang. Tentunya kita siap bekerjasama,” paparnya.

Sudah beberapa kabupaten di NTT, seperti TTU dan Sumba Timur sudah mengirim perwakilannya untuk belajar. Plaza Pelayanan Publik ini telah menjadi rujukan untuk daerah lain, sesuai rekomendasi dari KemenPAN-RB.

Untuk diketahui, usai pembangunan Plaza Pelayanan Publik Atambua, pada 2019 lalu, Bupati Belu, didaulat oleh KemenPAN-RB untuk studi banding di Azerbaijan sebagai negara dengan pelayanan publik terbaik di dunia.
Kini pelayanan perizinan telah satu pintu, dan begitu banyak kemudahan yang diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan izin. Terbaru, Polres Belu juga telah memusatkan pelayanan SIM, Sidik Jari, SKCK maupun surat kehilangan di Plaza Pelayanan Publik Atambua. (ferdy talok/advertorial kerja sama dengan dinas kominfo belu)

Baca Juga :   Dilaporkan, Kades Alas Utara Beri Klarifikasi di Kejari Belu ‎
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top