TIMOR

Diduga Pengangkatan Pj. Sekda Belu Tabrak Permendagri

Zakarias Moruk

ATAMBUA, Kilastimor.com-Pengangkatan Penjabat (Pj) Sekda Belu, Frans Manafe oleh Gubernur NTT, ditengarai menabrak aturan yang berlaku.
Adapun aturan yang berlaku yakni, Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 91 Tahun 2019 Pasal 4 a.

Sesuai informasi yang dihimpun media ini menyebutkan, dalam Permendagri itu, Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten/Kota yang ditunjuk oleh Gubernur sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4 huruf b harus memenuhi persyaratan meliputi:
a. menduduki jabatan pimpinan tinggi pratama eselon II.b
Pemerintah Daerah Provinsi.
b. memiliki pangkat paling rendah pembina tingkat I

Merujuk pada Permendagri itu, maka yang diangkat dan ditetapkan sebagai Pj. Sekda Belu merupakan pejabat eselon II b dari Pemerintah Provinsi NTT, bukan dari Kabupaten Belu.

Pasalnya, Frans Manafe yang ditunjuk dan diangkat sebagai Pj Sekda Belu, bukanlah pejabat eselon II b di Pemprov NTT, namun pejabat eselon II b di Pemda Belu.

Melihat ketentuan diatas, maka duga terjadi mal administrasi dan keputusan Gubernur NTT terkait pengangkatan Pj. Sekda Belu mengangkangi Permendagri Nomor 91 Tahun 2019. Apalagi, Pemda Belu juga tidak pernah mengusulkan nama termasuk Frans Manafe untuk ditetapkan menjadi Pj. Sekda Belu.

Masih menurut informasi yang dihimpun, pengangkangan terhadap Permendagri sebagai penjabaran dari Perpres, maka Pj. Sekda Belu yang telah dilantik diduga cacat hukum.

Terkait informasi yang dihimpun, media ini mengkonfirmasi Pjs Bupati Belu, Zakarias Moruk, Kamis (8/10/2020) malam enggan berkomentar.

Baca Juga :   Belasan Ribu Warga Malaka Terancam Tidak Ikut Pemilu

Salah satu putra terbaik Belu yang kini menjabat sebagaui Kepala Dinas Keuangan Provinsi NTT itu menjelaskan untuk penetapan Pj. Sekda Belu merupakan kewenangan Gubernur NTT. “Ini kewenangan Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat” ujarnya.

Dia meminta media ini untuk mengkonfirmasi langsung dengan Gubernur. “Tolong langsung konfirmasi Pak gubernur saja,” tuntasnya. (ferdy talok)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top