TIMOR

Kampanye di Raimanuk, Willy Lay Ajak Warga Patahkan Hoax

ATAMBUA, Kilastimor.com-Maraknya informasi hoax yang beredar di media sosial terkait Paslon Bupati-Wabup Belu, Willybrodus Lay-JT. Ose Luan dengan tagline Sahabat ditanggapi oleh Willybrodus Lay.

Willy Lay dalam orasi politiknya di Rafae, Kecamatan Raimanuk, Selasa (13/10/2020) mengatakan, media sosial di Belu marak beredar informasi hoax yang disebar terus menerus terkait kinerja pihaknya sebagai petahana.

“Lawan penyebaran hoax harus dimulai dari Raimanuk, khususnya di Rafae,” ajak calon Bupati Belu, Willy Lay.

Perlawan yang dimaksud calon Bupati yang diusung enam parpol ini adalah bukan dengan cara melakukan kekerasan tetapi untuk mematahkan fitnah dan informasi hoax, dengan ramai-ramai masyarakat pemilih datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan mencoblos pada pasangan Sahabat yang bernomir urut 1 itu.

Wily Lay yang saat ini menjabat sebagai Bupati Belu hingga Februari 2021 ini menjelaskan, saat ini banyak fitnah dan informasi sesat ditebarkan pihak tertentu untuk meraih simpati masyarkat.

Dia berharap masyarakat tidak percaya dengan apa yang disampaikan, sebab pihaknya telah bekerja membangun Belu.

Masih menurut Ketua DPC Demokrat Belu ini, kubunya tidak asal menggunakan kata Lanjutkan. namun slogan yang disematkan paket Sahabat ini merupakan hasil refleksi atas apa yang dilakukan paket Sahabat selama 4,5 tahun memimpin kabupaten yang saat ini. Belu memiliki Plaza Perizinan Terpadu terbaik di NTT, termasuk WTP dua tahun berturut-turut, termasuk pembangunan infrastruktur, pariwisata dan budaya.

Baca Juga :   dr. Ansila Pimpin RSUD Mgr. Gabriel Manek SVD Atambua

“Perlawanan terhadap fitnah dan informasi hoax harus dimulai dari Raimanuk, khususnya dari Rafae. Caranya pada 9 Desember nanti, ramai-ramai datang ke TPS dan Coblos Nomor 1 yaitu paket Sahabat,” pintanya disambut aplaus meriah dari para audiens.

Wily Lay menjelaskan di era kepemimpinannya dalam bidang reformasi birokrasi, Wily Lay dan Ose Luan berhasil meraih dua kali berturut-turut opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI, atas pengelolaan keuangan daerah sesuai standar akuntansi pengelolaan keuangan negara.

Tidak hanya itu, terkait pelayanan publik sebagaimana merupakan salah satu dari lima program kerja pada periode pertama, saat ini jelas suami dari Ny.Vivian Ng.Lay, kabupaten Belu memiliki plaza Perizinan terbaik di NTT dan salah satu dari tiga plaza perizinan terbaik di Indonesia, sehingga di tahun 2020 ini banyak pemimpin dari kabupaten lain di NTT datang studi banding di Plaza Perizinan milik Kabupaten Belu.

Dibidang pertanian,Wily Lay mengatakan bahwa di periode pertama melalui Dinas Pertanian telah memberikan bantuan pengolahan lahan gratis bagi petani di Belu. Juga diberikan bibit dan pupuk gratis.

Selain menyampaikan alasan ‘perlawanan’ tersebut Wily Lay pada kesempatan itu juga menyampaikan sejumlah program paket Sahabat yang akan dikerjakan pada periode kedua.

Dalam kesempatan itu, sejumlah program unggulan yang ditawarkan yakni di bidang kesehatan seperti program bantuan susu gratis bagi anak-anak PAUD di kabupaten Belu sebagai upaya mengatasi masalah stunting dan untuk mempersiapkan generasi emas Belu.

Baca Juga :   Pantau Pemasangan Lampu, Wali Kota: Tolong Jaga Lampu

Di bidang pendidikan, Willy Lay menyampaikan, di periode kedua akan ada program bantuan seragam gratis bagi anak-anak SD dan SMP di kabupaten Belu.

Satu program yang membuat masyarakat khususnya ibu-ibu sangat antusias adalah program dukungan terhadap Tenun Ikat dimana di periode kedua, Wily Lay dan Ose Luan akan memberikan dukungan maksimal kepada penenun berupa bantuan benang gratis.

Menanggapi ajakan yang disampaikan Wilybrodus Lay, Agustunus Meak (65), salah tokoh adat di Rafae mengatakan bahwa ia bersama masyarakat menghendaki “Toos tuan” atau Kebun Lama.

Ungkapan toos tuan yang dimaksud Agustinus adalah pasangan calon incumbent Wilybrodus Lay dan Ose Luan atau paket Sahabat.

Agustinus bersama masyarakat setempat bersepakat untuk memenangkan paket Sahabat 9 Desember 2020 mendatang.

“Semua calon ini baik, tapi kali ini karena hanya dua tahun lebih, maka kami tetap memberikan kepercayaan dan memenangkan paket Sahabat,” ujar Agustunus dalam bahasa Tetun saat diwawancarai awak media ini.

Terpisah, anggota DPR Belu dari Fraksi Demokrat, Kristoforus Rin Ruka mengajak pendukungnya untuk satu suara memilih Sahabat pada 9 Desember 2020.

Kristoforus menjelaskan, dari sisi perencanaan anggaran, Bupati dan Wakil Bupati terpilih hanya akan efektif bekerja 1 tahun karena rencana kerja 2021 sudah ditetapkan DPRD dan satu tahun terkahir akan digunakan untuk persiapan pemilihan serentak 2024.

“Karena masa jabatan periode ini hanya 2,8 bulan, maka saya ajak bapak-mama, adik-kakak semua untuk pilih Sahabat karena dengan waktu yang singkat ini mustahil untuk membuat perubahan di Belu.Karena itu, 9 Desember ramai kita ke TPS dan kita punya adalah toos tuan,” tutup Kristoforus. (ferdy talok)

Baca Juga :   Simon Nahak Siap Maju Pilkada Malaka dan Tunggu Dukungan Partai
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top