RAGAM

Fenomena Baru Pilkada Belu, Pemilih Pakai KTP Capai 4.000 Orang

Pleno rekapitulasi perolehan suara Pilkada Belu 2020 di Kecamatan Kota Atambua.

ATAMBUA, Kilastimor.com-Pleno rekapitulasi perolehan suara pasangan Calon Bupati-Wabup Belu, Willy Lay-Ose Luan (Sahabat) dan Agus Taolin-Alo Haleserens (AT-AHS) telah digelar di 12 kecamatan.

Walau pleno berjalan lancar, namun banyak ditemukan kejanggalan, misalnya pemilih menggunakan KTP yang jumlahnya mencapai 4000-an, juga perbaikan dokumen setelah TPS ditutup maupun tidak dimasukannya C1 Plano kedalam kotak suara.

Hal ini membuat saksi Paket Sahabat disejumlah kecamatan menyampaikan keberatan dan bahkan tidak menandatangani berita acara rekapitulasi perhitungan suara tingkat kecamatan. Pasalnya, KPU maupun PPK tidak ingin menunjukan daftar hadir pemilih yang menggunakan KTP.

Terkait kondisi itu, Sekretaris Tim Pemenang Sahabat, Jack Karangora menyampaikan sejumlah hal. Pertama, dia mempertanyakan pemilih tambahan menggunakan KTP yang begitu banyak, namun KPU dan PPK enggan menyampaikan hal itu kepada saksi di TPS maupun di pleno kecamatan. “Jelas ini menimbulkan kecurigaan. Ini harusnya dibuka secara terang benderang dalam pleno,” bilangnya.

Dia mempertanyakan kinerja KPU terkait banyaknya pemilih yang menggunakan KTP. Seperti apa pendataan maupun validasi data pemilih, sehingga begitu banyak tidak terdaftar.

Terkait dugaan pelanggaran oleh penyelenggara yang ada, pihaknya masih akan berkoordinasi, untuk melihat kedepan, terutama menghadapi pleno tingkat kabupaten yang digelar 16 Desember 2020.

Dia berharap, di pleno tingkat kabupaten nanti, dokumen berupa daftar hadir pemilih dengan KTP bisa dibuka, sehingga diketahui benar jumlah pastinya.

Baca Juga :   Waki Kota Disebut Bawa Perubahan di Kota Kupang Dua Tahun Terakhir

Sementara itu, Komisioner KPU Belu, Jack Nahak yang dikonfirmasi mengemukakan pleno tingkat kecamatan telah selesai dan semua berjalan baik.

Rabu (16/12/2020) besok, akan dilakukan pleno rekapitulasi perolehan suara tingkat kabupaten, di Hotel Matahari.

Menyoal apakah ditindaklanjuti keberatan dan temuan dalam pleno kecamatan, dia mengatakan pihaknya akan menindaklanjuti sesuai dengan rekomendasi Bawaslu Belu. “Kalau ada rekomendasi Bawaslu ya kita tindaklanjuti,” tuntasnya. (ferdy talok)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top