RAGAM

Masuk Tindak Pidana Pilkada Belu, Sentra Gakumdu Laporkan Seorang Warga ke Polres. Ini Identitasnya

Agustinus Bau

ATAMBUA, Kilastimor.com-Sentra Penegakkan Hukum Terpadu (Sentra Gakkumdu) melaporkan seorang pemilih yang tidak memiliki hak pilih, namun memberikan suara dalam Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Belu 9 Desember 2020.

Pelaporan tindak pidana pemilu itu dilakukan oleh Perwakilan Sentra Gakumdu yakni Komisioner Bawaslu Belu, Agustinus Bau.
Adapun laporan itu bernomor LP/219/XII/RES 7.4/2020 tertanggal Jumat (18/12/2020, sekitar pukul 20.30 Wita.

Komisioner Bawaslu, Agustinus Bau yang dikonfirmasi media ini, Senin (21/12/2020) mengemukakan, laporan polisi yang ada, merupakan hasil pembahasan di Sentra Gakumdu yang terdiri atas Bawaslu, Polres dan Kejaksaan Negeri Belu.

Dikemukakan, karena merupakan tindak pidana pemilu, maka pihaknya meneruskan hasil pembahasan Sentra Gakumdu ke Polres Belu untuk ditindaklanjuti. “Namun karena prosedur pelaporan di Polres seperti itu, maka saya tercatat sebagai pelapor,” ungkapnya.

Masih menurut dia, adapun terlapor dalam kasus ini yakni Akulina Dahu. Yang bersangkutan, sebenarnya berdomisi di Belu, namun administrasi kependudukan ada di Malaka. “Kita sudah teruskan temuan Pangawas TPS ke Polres Belu karena Akulina Dahu memilih menggunakan KTP dari luar Belu,” timpalnya.

Kejadian sendiri tuturnya, terjadi pada 9 Desember lalu, di TPS 02, Desa Nanaenoe, Kecamatan Nanaet Duabesi, Kabupaten Belu.

Untuk diketahui, dalam laporan polisi tersebut disebutkan saksi-saksi yang melihat peristiwa antara lain, Gaudensia Akas warga Desa Fohoeka, Kecamatan Nanaet Duabesi Kabuaten Belu dan Maria da Silva Ikis, Warga Desa Nananoe, Kecamatan Nanaet Duabesi Kabupaten Belu.

Baca Juga :   Nasdem TTU Tunggu Keputusan DPW dan Korwil untuk Buka Pendaftaran Balon Bupati dan Wabup

Adapun terlapor yakni Akulina Dahu,
merupakan warga Dusun Fukafehan, RT 007/RW 006, Desa Alas Utara, Kecamatan Kobalima Timur, Kabupaten Malaka. (ferdy talok)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top