HUKUM & KRIMINAL

2020, Satres Narkoba Polres Malaka Berhasil Ungkap Dua Kasus Narkoba

IPDA Markus Tameno

BETUN, Kilastimor.com-Polres Malaka diakhir tahun 2020 lalu, berhasil mengamankan dan menggagalkan pengedaran Narkoba di wilayah perbatasan RI-RDTL.
Demikian Kapolres Malaka, AKBP Albert Neno dalam sambutannya di acara pisah sambut usai Pelantikan Wakapolres Malaka dan serah terima jabatan Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Polres Malaka Kasat Lantas Dan Kapolsek Wewiku yang berlangsung di halaman Mapolres Malaka, Sabtu (30/1/2021).

“Saya sampaikan terima kasih kepada IPDA Mex Tameno. Tidak saja karena serah terima jabatan ini, namun saat menduduki jabatan sebagai Kasat Narkoba, berhasil mengungkap dua kasus narkoba. “Sesuai surat perintah (sprint) dari saya selaku kapolres, beliau berhasil mengungkap narkoba di Malaka. “Terima kasih atas keberhasilan ini, dibandingkan dari Polres-polres lain dalam mengungkap dan mencegah peredaran narkoba,” tuturnya.

Prestasi ini membuktikan bahwa jika ada niat, kemauan dan kerja keras, tentunya akan menghasilkan karya yang positif. Kepada Kasat Narkoba yang baru, saya akan menerbitkan sprint baru, sehingga tugas dan tanggung jawab untuk memberantas peredaran narkoba bisa di Malaka.

Perwira melati dua itu menjelaskan, berawal dari keterangan masyarakat bahwa ada pengusaha sembako di Malaka, asal Aceh berinisial BH menyimpan atau menguasai Narkotika golongan satu di wilayah perbatasan RI-RDTL, tepatnya di Kecamatan Kobalima. 

Berdasarkan informasi itu, dirinya membuat surat perintah kepada Kasat Narkoba guna melakukan penyelidikan.
Setelah melakukan penyelidikan sekitar tiga minggu dan setelah valid, pihak melakukan penggrebekan dan penggeledahan. Anggota Satuan Narkoba berhasil mendapatkan barang haram itu pada tembakau merk Gorila sebanyak 37 gram, di dalam jok mobil. Di rumah pelaku pihaknya juga mendapatkan obat-obat terlarang lainya. Diduga kuat barang tersebut akan diedarkan ke negara tetangga yaitu Timor Leste.

Baca Juga :   Polri dan PNTL Sepakat Berantas Kejahatan Lintas Negara

Mantan kasat Narkoba Polres Malaka, IPDA Markus Tameno yang saat ini menjabat sebagai Kapolsek Amanuban Selatan kepada media menjelaskan,  pada Jumat (29/1/2021), pihaknya telah melakukan pelimpahan tersangka ke Kejaksaan Negeri Belu. Pelimpahan tersangka dan barang bukti (Tahap 2) dari penyidik Satuan Satnarkoba Polres Malaka ke Kejari Belu dinyatakan lengkap atau P21 berkas perkaranya.

Selanjutnya, tersangka Bustami Harun (BH) alias Diki, kini telah menjadi tahanan JPU Kejari Belu.

Adapun pasal digunakan untuk menjerat pelaku yakni Pasal 211 ayat (1) UU RI No. 35 tahun 2009 Tentang Narkotika, dimana setiap orang tanpa hak dengan melawan hukum memiliki, menyimpan atau menguasai Narkotika golongan I bukan tanaman. (edy sumantri)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top