POLITIK

DPRD Usulkan Pemberhentian Bupati dan Wabup Belu. Begini Alasannya

ATAMBUA, Kilastimor.com–Dewan Perwakil Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Belu menggelar rapat paripurna pengusulan pemberhentian Bupati dan Wabup Belu, Selasa (19/1/2021) di ruang sidang utama DPRD Belu.
Pengusulan itu dilakukan karena masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Belu, Wilybrodus Lay dan JT. Ose Luan akan segera berakhir.
Untuk diketahui, masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Belu akan berakhir 16 Februari 2021 mendatang.

Pantauan media ini, sidang paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Belu, Jeremias Manek Seran Jr didampingi Wakil Ketua, Jefri Nahak itu, dihadiri 20 anggota DPRD Belu.

Hadir mewakili Bupati Belu, Wilybrodus Lay dan Wakil Bupati, Bupati J.T Ose Luan yakni Penjabat Sekda Belu, Frans Manafe.

Ketua DPRD Belu Jeremias Manek Seran Junior dalam pidatonya mengatakan sidang paripurna dengan agenda pengumuman usulan pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati Belu masa jabatan tahun 2016-2021 memenuhi kuorum.

Dikemukakan, sesuai pasal 154 ayat 1 undang-undang nomor 23 tahun 2014 dan pasal 23 huruf e Peraturan Pemerintah Nomor 12 tahun 2018 menguraikan salah satu tugas dan kewenangan DPRD adalah mengusulkan pengangkatan dan pemberhentian bupati dan wakil bupati kepada Mendagri, melalui Gubernur sebagai wakil pemerintah pusat untuk mendapatkan pengesahan pengangkatan dan pemberhentian.

Berdasarkan regulasi yang ada, maka DPRD Belu menggelar paripurna hari ini untuk mengusulkan pemberhentian Bupati dan Wabup Belu yang masa jabatannya akan berakhir 16 Februari 2020 nanti.
Paripurna ini juga sesuai Keputusan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 132. 53-219 tahun 2016 tentang pengangkatan wakil Bupati Belu, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Baca Juga :   Askab Malaka: Sepak Bola Dijadikan Sarana Memajukan Pariwisata

Masih menurutnya, usulan pemberhentian Bupati dan Wabup Belu masa jabatan 2016-2021 akan disampaikan pimpinan DPRD Kabupaten Belu kepada Mendagri melalui Gubernur NTT untuk penetapan pemberhentiannya sebagai Bupati dan Wakil Bupati. (ferdy talok)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top