POLITIK

Hadapi Sidang MK, KPU Belu Akan Buka 438 Kotak Suara

Mikhael Nahak

ATAMBUA, Kilastimor.com-Menghadapi sidang sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Belu, KPU melakukan sejumlah persiapan. Salah satu persiapan KPU Belu yakni mengambil dokumen Pilkada dengan membuka kotak suara.

Ketua KPU Belu, Mikhael Nahak yamg dikonfirmasi kilastimor.com, Jumat (22/1/2021) memgemukakan, untuk menghadapi sengketa yang diajukan paslon Sahabat ke MK, pihaknya diperintahkan KPU RI untuk membuka kotak suara.
Berdasarkan perintah KPU RI, KPU menjadwalkan membuka kotak suara pada 23 atau 24 Januari 2021. ” Kita rencana buka kotak suara tanggal 23 atau 24 Januari ini,” ungkapnya.

Mik Nahak sapaan Ketua KPU Belu itu melanjutkan, adapun dokumen yang bakal diambil disesuaikan dengan dalil paslon Sahabat, seperti C.Hasil, Daftar Hadir DPTb serta dokumen yang sesuai kebutuhan alat bukti.

Disinggung siapa saja pihak yang ikut terlibat dan mengawasi dalam pembukaan kotak suara guna pengambilan dokumen Pilkada Belu 2020, dia mengatakan sesuai PKPU 19 Pasal 71 ayat 2, pihak yang dilibatkan yakni Bawaslu dan pihak Kepolisian dalam hal ini Polres Belu.

Menyoal jumlah kotak suara yang akan dibuka, komisioner dua periode itu menguraikan, kemungkinan kotak yang dibuka mencapai 438 kotak, yang terdiri dari 426 kotak TPS ditambah 12 kotak PPK.

Diberitakan sebelumnya, selain rencana pembukaan kotak, sejumlah persiapan lain telah dilakukan KPU Belu yakni menyiapkan tim hukum selaku termohon juga mengirim tim KPU ke Jakarta untuk melakukan persiapan jelang sidang pendahuluan MK, 26 Januari 2021 mendatang.
(ferdy talok)

Baca Juga :   Heboh Isu Warga Belu Terkena Corona. Manejemen RSUD Mgr. Gabriel Manek SVD Atambua Bantah. Ini Hasil Pemeriksaannya
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top