POLITIK

Ini Tanggapan KPU Belu Atas Terbitnya e-BRPK oleh MK

ATAMBUA, Kilastimor.com-Gugatan Perselisihan Hasil Perhitungan (PHP) Pilkada Belu 2020 telah diregistrasi dalam e-BRPK MK dengan Nomor 18/PHP.BUP-XIX/2021, tertanggal 18 Januari 2021.

Terkait keluarnya e-BRPK tersebut, Ketua KPU Belu, Mikhael Nahak angkat bicara ketika dihubungi media ini Senin malam.

Dikemukakan, pihaknya siap menghadapi gugatan PHP Pilkada yang diajukan paket Sahabat sebagai pemohon. “Kita sebagai termohon siap, dan menunggu jadwal sidang MK,” tuturnya.

Disebutkan, pihaknya hingga kini belum menerima e-BRPK yang diterbitkan MK, dan biasanya melalui KPU RI. “Kita belum terima e-BRPK. Nanti melalui KPU RI. Kita pada prinsipnya siap,” ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, gugatan Pasangan Willybrodus Lay-JT. Ose Luan dengan tagline Sahabat melalui kuasa pemohonnya, Novan Manafe dan rekan, resmi diterima Mahkamah Konstitusi (MK).
Hal ini ditandai dengan dicatatnya gugatan perselisihan perolehan suara Pilkada Belu 2020 dalam Akta Registrasi Perkara Konstitusi Elektronik (e-BRPK).

Kuasa Pemohon Sahabat, Novan Manafe yang dihubungi media ini mengemukakan, pada Senin (18/1/2021) pagi, MK telah menerbitkan e-BRPK).
Adapun nomor dari e-BRPK yakni NOMOR 18/PHP.BUP-XIX/2021.

Dengan keluarnya e-BRPK ini lanjutnya, selaku kuasa pemohon menunggu jadwal sidang yang akan dikeluarkan oleh Panitera MK.

Sementara itu, sesuai copyan Akta Registrasi Perkara Konstitusi Nomor 18/PAN.MKIARPK/01/2021 dari MK yang diterima media ini menyebutkan,
Pada hari ini Senin tanggal delapan belas bulan Januari tahun dua ribu dua puluh satu pukul 10:00 WIB, telah dicatat dalam Buku Registrasi Perkara Konstitusi
Elektronik (e-BRPK) Permohonan Perselisihan Hasil Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota Tahun 2020, dengan registrasi perkara: NOMOR 18/PHP.BUP-XIX/2021 yang diajukan oleh:
Willybrodus Lay, SH dan Drs. J. T. Ose Luan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Belu Tahun 2020, Nomor Urut 1. Dalam hal ini berdasarkan Surat Kuasa Khusus bertanggal 16 Desember 2020 memberi kuasa kepada Novan Erwin Manafe, S.H, dkk
Selanjutnya disebut sebagai pemohon, terhadap Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Belu selaku termohon.

Baca Juga :   Minim Partisipasi Pemilih, KPU Malaka Disorot Saksi Paslon Gubernur dan Wagub

Perkara tersebut segera akan ditetapkan hari sidangnya dan kepada pemohon, termohon dan Bawaslu segera akan diberitahukan mengenai ketetapan tersebut.
Demikian akta ini dibuat dan ditandatangani oleh Panitera. (ferdy talok)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top