EKONOMI

CU Kasih Sejahtera Atambua Gelar RAT Kamis Mendatang

Panitia RAT CU Kasih Sejahtera Atambua sedang menggelar gladi menggunakan aplikasi zoom.

ATAMBUA, Kilastimor.com-Credit Union (CU) Kasih Sejahtera Atambua, akan menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun buku 2020, Kamis (18/2/2021) mendatang.
RAT CU akan dilangsungkan dengan sistem offline dan online di Aula St. Dominikus, Emaus, Nenuk, Kecamatan Tasifeto Barat, Belu.

Ketua CU Kasih Sejahtera Atambua, Rm. Krisantus Lake Pr kepada media ini disela-sela gladi, Selasa (16/2/2021) mengemukakan, RAT CU Kasih Sejahtera akan digelar, Kamis mendatang.

RAT Tahun Buku 2020 paparnya, penting dilaksanakan, sebab di forum RAT, pengurus akan menyampaikan laporan pertanggungjawaban kepada anggota. Selain itu, RAT dimaksudkan agar mendapat masukan dari anggota terkait keberlanjutan CU Kasih Sejahtera kedepan.

Dalam RAT nanti, pengawas juga akan menyampaikan hasil pemeriksaan apakah CU Kasih Sejahtera sehat atau tidak dalam pengelolaannya.

Dikemukakan, RAT merupakan amanat Undang-Undang Koperasi yang harus dilaksanakan, sekalipun dalam masa pandemi Covid-19. RAT kali ini dilakukan secara offline dan online pada 12 Kantor Pelayanan (KP). “Satu Kantor Pelayanan pesertanya hadir langsung di Emaus. Sedangkan peserta dari 11 KP akan mengikuti secara online atau virtual,” bebernya.

Untuk peserta RAT di Emaus tambah Romo Kris sapaan karibnya, akan dihadiri 50 peserta dan undangan. Sedangkan di peserta RAT pada 11 KP yang ada di Belu, TTU dan Malaka, akan dihadiri 30 peserta. “RAT kali ini kita laksanakan dengan menjalankan protokol kesehatan secara ketat,” bilangnya.

Baca Juga :   DPRD Belu Tolak Kehadiran Indomaret dan Alfamart di Atambua

Menyoal begitu banyak Koperasi Simpan Pinjam yang hadir di Belu sebagi kompetitor, Romo Kris mengatakan pada prinsipnya manejemen CU Kasih Sejahtera menghargainya. Kehadiran koperasi lain di Belu tentunya memiliki segmen usaha masing-masing, termasuk didalamnya produk yang dipasarkan.
Walau demikian, pihaknya akan terus mendorong CU Kasih Sejahtera untuk bersaing secara sehat, dengan menampilkan pelayanan prima, cepat dan terpercaya.

Pada kesempatan yang sama, General Manejer (GM) CU Kasih Sejahtera Atambua, Damianus Bau Lema mengemukakan, RAT merupakan pertanggungjawaban pengurus kepada anggota dan publik. Dalam RAT Tahun Buku 2020, akan dibahas banyak hal, agar CU Kasih Sejahtera terus berkembang dimasa pandemi.

Diungkapkan, RAT tahun ini agak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana peserta sangat dibatasi. Hal ini terjadi karena seluruh dunia lagi diserang Covid-19.
RAT saat ini dibatasi peserta menjadi sekira 300 orang, dari bisanya mencapai 600 orang. Selain pembatasan jumlah, juga dilaksanakan secara offline dan online. Untuk KP Atambua, peserta mengikuti RAT di Emaus. Sedangkan di 11 KP lain, peserta mengikuti RAT secara online atau virtual menggunakan aplikasi zoom. “Kita benar-benarkan terapkan protokol kesehatan. Hal ini untuk menghindari RAT CU Kasih Sejahtera menjadi klaster baru Covid-19.

Ditanyai media ini terkait kebijakan baru yang akan ditawarkan dalam RAT nanti, Dami Bau Lema sapaan karibnya mengutarakan, CU Kasih Sejahtera punya sejumlah kebijakan baru, untuk membantu anggota yang usahanya jatuh atau collaps akibat Covid-19.

Baca Juga :   Final, 536 Peserta Lolos SKD Tes CPNSD Kabupaten Malaka

Salah satu kebijakan baru yakni melakukan penurunan suku bunga pinjaman. Dari 11 produk pelayanan pinjaman, suku bunga diturunkan rata-rata 0,1 hingga 0,2 persen.

Langkah ini diambil selain untuk meringankan beban anggota, juga menjadi stimulus bagi anggota yang akan melakukam peminjaman uang. Lebih dari itu, langkah ini untuk memenangkan persaingan dengan kompetitor di Belu.

Sementara itu, Ketua Panitia RAT, Flavianus Lau menjelaskan, RAT yang digelar Kamis nanti, mengikuti protokol kesehatan yang ketat. Salah satunya membatasi peserta RAT baik yang hadir langsung Emaus, maupun di KP-KP di Belu, Malaka dan TTU.

Untuk undangan terang dia, pihaknya hanya mengundang Uskup Atambua, Mgr. Dominikus Saku Pr, Plh. Bupati dan Dinas Koperasi Kabupaten Belu.

Dia berharap, RAT Tahun Buku 2020 berjalan dengan baik, dan menghasilkan rekomendasi yang bermanfaat bagi perkembangan CU Kasih Sejahtera pada masa mendatang. (ferdy talok)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top