TIMOR

RSUD Mgr. Gabriel Manek SVD Segera Operasikan Mesin PCR Bantuan BNPB. “Hasil Swab Cepat Diketahui”

Pihak BPBD Belu serahkan mesib PCR kepada Direktris RSUD Atambua.

ATAMBUA, Kilastimor.com-Setelah menunggu sekira setahun, RSUD Mgr. Gabriel Menek SVD, Atambua, akhirnya mendapat mesin PCR untuk mendeteksi Covid-19.
Tentunya ini menjadi berita gembira bagi masyarakat Kabupaten Belu, karena hasil Swab PCR dengan cepat diketahui.
Selama ini sampel Swab harus dikirim ke Kupang dan Surabaya, sehingga untuk mengetahui positif atau negatif Covid-19 membutuhkan waktu yang lama.

Direktris RSUD Mgr. Gabriel Manek SVD, Atambua, Batsheba Elena Corputty yang dihubungi, Kamis (18/2/2021) mengemukakan, terhitung Rabu (17/2/2021) kemarin, RSUD Atambua telah memilik mesin Polymerase Chain Reaction (PCR). “Ya..kita sudah punya mesin PCR. Mesin tersebut untuk mendeteksi virus corona,” katanya.

Mesin PCR sambungnya, merupakan bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dan Rabu kemarin telah diserahkan oleh BPBD Belu.

Untuk pengoperasian mesin PCR, pihaknya tengah mempersiapkan ruangannya, dan dalam waktu cepat akan segera dioperasikan. “Kami masih atur ruangnya. Dalam waktu cepat sudah bisa difungsikan untuk memeriksa sampel swab,” ungkapnya.

Masih menurutnya, tenaga teknis untuk mengoperasikan mesin PCR sudah disiapkan, apalagi ada dokter spesialis patologi klinik (Khusus laboratorium), dr. Helena Lepong SpPK.

Dengan adanya mesin PCR akunya, akan memudahkan pihaknya memeriksa sampel swab dan dalam waktu cepat akan diketahui hasilnya apakah positif atau negatif Covid-19. “Selama ini kita tergantung di RSUD WZ. Johannes Kupang, atau Surabaya,” tandasnya. (ferdy talok)

Baca Juga :   Danramil: Pelayanan SIM Keliling Sangat Membantu Warga Malaka
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top