TIMOR

Laiskodat: Viktor Manek Pj. Bupati Malaka

Viktor Manek

BETUN, Kilastimor.com-Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi NTT, Viktorinus Manek, bakal jadi Penjabat Bupati Malaka.  Hal itu diungkap
Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat pada saat kunjungan kerjanya ke Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Wehali Nain, Desa Wehali Kecamatan Malaka Tengah, Kabupaten Malaka Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis (25/3/2021).  

Kadis PMD Provinsi NTT yang kerab disapa Viktor Manek usai menyampaikan sambutan mewakili Gubernur VBL, Gubernur VBL langsung Nyeletuk. “Viktor Manek ini Bakal dilantik Menjadi Penjabat Bupati, Walaupun Hanya 20 hari karena tanggal 26 april saya akan melantik Bupati Malaka Terpilih,” katanya. 

Sebelumnya Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) meninjau Pasar Beabuk yang merupakan salah satu jenis usaha Bumdes yaitu retribusi pasar.

Selanjutnya VBL menuju ke kantor Bumdes Wehali Nain, Disambut dengan Sapaan adat hase Hawaka dan pengalungan selendang oleh Tokoh Adat. 

Sambutan Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat  Yang disampaikan  Oleh  Kadis PMD Provinsi NTT Viktor Manek  mengatakan,  terkait Bumdes contohnya di Malaka banyak pisang , ibu-ibu bumdes busa membuat makanan ringan dari pisang seperti pisang goreng, keripik dan sebagainya kemudian dikelola secara baik oleh anggota bumdes dijual secara online.

“Karena kita dari PMD Provinsi  perkenalkan bumdes online dan kedepan kita akan perkenalkan pasar online,  dan bagaimana Masyarakat di sosialisasikan bumdes secara online dan cara transaksi online pembayarannya secara online  dan memanfaatkan transportasi yang ada dan tidak perlu bertatap muka tapi uang tetap masuk dan terus berkembang,” papar Viktor Manek.

Baca Juga :   Nilai Kejuangan Pahlawan Perlu Dilanjutkan

Pasar online membutuhkan waktu sekitar 1 hingga 2 tahun kedepan.  setelah itu, orang akan belajar transaksi secara online  dan kebutuhan rumah tangga di kota Betun akan diterapkan belanja kebutuhan sayur mayur secara belanja online.

Untuk Bumdes Wehali Nain supaya dikembangkan usahanya, dari provinsi akan membantu kebutuhan – kebutuhan tetang pemasaran secara online.

Camat Malaka Tengah, Eduardus Bere Atok dalam laporannya menyampaikan,
Bumdes Wehali Nain yang berdiri pada tanggal 16 februari 2016  dasar Hukum peraturan Desa Wehali  nomor  3 tahun 2016  Dengan Visi mewujudkan desa mandiri Berdikari Misi  menciptakan lapangan pekerjaan dengan pendapatan asli desa menggali dan memberdayakan potensi desa  untuk didayagunakan dalam upaya mensejahterakan masyarakat desa memperkuat kelembagaan dan memperkuat jaringan melalui kerjasama baik secara internal maupun eksternal dengan beberapa potensi Masyarakat dari berbagai pihak serta bersinergi  dengan lembaga pemerintahan

Dengan jenis usaha yakni Pinjaman atau kredit usaha, Retribusi pasar Beabuk. (edy sumantri)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top