TIMOR

Timor Leste Tutup Perlintasan, 40 Truk Ekspor Tertahan di PLBN Motaain

ATANBUA, Kilastimor.com-Perlintasan dari Indonesia menuju Timor Leste, ditutup otoritas Timor Leste, Jumat (5/3/2021). Akibat penutupan itu, aktivitas ekspor dan impor ke kedua negara terhenti.
Hal ini dikemukakan Plt. Kepala PLBN Motaain, Engebertus Klau saat menghubungi media ini, Jumat sore tadi.

Dikemukakan, berdasarkan Nota Despacho Direktur Jenderal Imigrasi Timor Leste pada 4 Maret 2021, bahwa terhitung Jumat hari ini, Pos Batugade Timor Leste akan dibuka untuk menerima perlintasan orang (mahasiswa Timor Leste) dan barang ekspor dari Indonesia ke Timor Leste, dari sebelumnya perlintasan orang dan barang ke Timor leste sempat tertunda perlintasannya pada hari Kamis, (4/3/2021).

Namun bilangnya, sekira pukul 09.00 Wita, truk-truk ekspor dari PLBN Motaain melintas ke Timor Leste tidak diizinkan oleh Imigrasi Timor Leste. Mereka beralasan, truk-truk ekspor tersebut belum memiliki izin dari Dirjen Imigrasi Timor Leste. “Truk-truk tersebut diminta untuk kembali ke PLBN Motaain. Pihak Imigrasi Timor Leste hanya memperbolehkan perlintasan orang (WNA dan beberapa orang WNI, misionaris) untuk melintas dari wilayah Indonesia ke wilayah Timor Leste,” katanya.

Menyikapi situasi yang terjadi tambahnya, BNPP PLBN Motaain mengundang para pimpinan custom, imigrasi, carantine dan security (CQIS), para eksportir dan perwakilan Konsulat Timor Leste untuk mengadakan rapat bersama di Ruang pertemuan lantai 2 (dua) PLBN Motaain.

Hal-hal yang dibahas dalam rapat koordinasi sebagai berikut,
a. Para eksportir merasa kecewa dengan kebijakan Pemerintah Timor Leste yang tidak pasti, terkait penundaan kegiatan ekspor dimana seluruh kelengkapan administrasi ekspor barang sudah dilengkapi, namun ketika truk-truk ekspor hendak masuk ke Pos Batugade Timor Leste, pihak Imigrasi Timor Leste mengarahkan untuk kembali ke Indonesia.
b. Terkait kondisi ini, Pihak Bea Cukai menyampaikan bahwa terkait dokumen ekspor tidak ada kendala dengan batalnya kegiatan ekspor pada hari ini, karena sistemnya belum di out atau belum terhitung sebagai ekspor). Pihak Bea Cukai meminta kepada para eksportir untuk merubah tanggal kegiatan ekspor sesuai jadwal yang akan ditentukan di Kantor Bea dan Cukai Atambua.
 
c. Pihak Imigrasi Atambua mengharapkan agar pihak konsulat Timor Leste dapat berkoordinasi dengan pihak Imigrasi Timor Leste terkait kepastian jadwal perlintasan orang dan barang ke Timor Leste.
d. BNPP PLBN Motaain menyampaikan kepada pihak konsulat Timor Leste agar pemerintah Timor Leste dapat menetapkan jadwal perlintasan orang dan barang seperti yang terjadi pada awal masa pandemic, yaitu perlintasan orang dilakukan setiap 17 hari sekali dan perlintasan barang dilakukan setiap hari Rabu. Selain itu BNPP PLBN Motaain menyampaikan bahwa terkait kegiatan ekspor, pihaknya tetap mendorong para eksportir untuk melakukan ekspor barang ke wilayah Timor Leste. “Prinsipnya CIQ di Motaain tidak pernah mempersulit saudara-saudari dari negara Timor Leste yang berdokumen lengkap sesuai aturan, untuk  melintas ke wilayah Indonesia, sehingga kami berharap perlakuan yang sama dari teman-teman CIQ di Pos Batugade terhadap pengusaha-pengusaha ekspor dari Indonesia,” pintanya.

Baca Juga :   Inspektorat Malaka Lakukan Pembinaan Bagi Pihak Desa dan Sekolah serta SKPD

e. Pihak Konsulat Timor Leste menyampaikan permintaan maaf terkait penumpukan pelintas di area keberangkatan PLBN Motaain yang terjadi pada Kamis kemarin.
Pihak konsulat juga menjelaskan bahwa baru mendapat kabar pemulangan mahasiswa-mahasiswa tersebut pada malam hari sehingga pemberitahuannya terlambat dan tidak menyangka atas kejadian yang terjadi pada hari tersebut.
Pihak konsulat urai dia, juga menyampaikan bahwa akan membuat laporan terkait hasil rapat ini untuk disampaikan kepada Pemerintah Timor Leste.

f. Kendaraan ekspor yang berjumlah 40 kendaraan hingga saat ini masih berada di kawasan PLBN Motaain, sambil menunggu keputusan terkait jadwal perlintasan barang dari Dirjen Imigrasi Timor Leste. (ferdy talok)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top