TIMOR

Kerja Sama dengan PMI Belu, OMK Paroki Lahurus Gelar Donor Darah

ATAMBUA, Kilastimor.com-Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Belu menggandeng OMK St. Petrus Lahurus gelar donor darah.
Donor dara secara sukarela itu diikuti oleh sejumlah Orang Muda Katolik (OMK) bertempat di Aula Paroki St. Petrus Lahurus, Rabu (21/4/2021).

Staf Bidang Pelayanan Kesehatan Sosial Masyarakat (PKSM), Ino Aku ketika di wawancarai via whatsapp mengatakan bahwa kegiatan donor darah sukarela ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan darah pasien di seluruh rumah sakit yang ada di wilyah kabupaten belu.

“Unit Donor Darah PMI Belu terus melakukan upaya penyediaan stok darah di bank darah PMI, sehingga saat pasien membutuhkan pasien keluarga tidak perlu lagi mencari pendonor sukarela. PMI siap melayani disaat pasien di rumah sakit membutuhkannya,” ungkapnya.

Selanjutanya Ino mengatakan, dari kegiatan mobile unit donor darah sukarela bersama OMK Paroki St.
Petrus Lahurus hari ini, berhasil mendapatkan 18 kantong darah dari target sebelumnya 25 kantong.

Menurut dia, ada beberapa calon pendonor yang tidak lolos seleksi saat pemeriksaan awal oleh petugas teknis UDD PMI Belu.
“Ada yang tensi tidak bagus, tes HB rendah dan ada yang sementara minum obat dan konsumsi alkohol. Hal-hal ini yang buat target ditidak tercapai,” pungkas Ino.

Sementara itu, Ketua OMK St. Petrus Lahurus, Anselmus Taek mengaku bangga dengan kegiatan yang dilakukan atas kerja sama OMK Paroki St. Petrus bersama PMI ini.

Baca Juga :   Ini Nama 12 Pejabat Eselon II yang Baru Dilantik Bupati Belu

“Dengan mendonorkan darah kita, berarti kita telah membantu mereka yang membutuhkan darah kita apa lagi kita orang muda punya jiwa sosial,” ungkap Ansel.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada pihak paroki yang selalu mendukung dalam melaksanakan kegiatan donor tersebut.
“Terima kasih kepada pastor paroki yang sudah mendukung dan teman-teman OMK untuk donor darah. kebaikan tak bisa saya balaskan tapi Tuhanlah yang telah memperhitungkannya,” kata guru SMA itu.

Dikemukakan, kegiatan donor darah sudah dilaksanakan dua kali pada 21 November 2020 lalu dan hari ini.

Terpisah, Pastor Rekan Paroki St. Petrus Lahurus, Pater Fransiskus Aprianus Settu SVD mengatakan, ini kali kedua OMK melakukan aksi kemanusiaan donor darah.
“Rekan-rekan OMK melakukan aksi seperti ini bukan karena paksaan atau karena ingin mendapatkan imbalan. OMK tidak menuntut balasan apapun atas kegiatan ini. Mereka dengan senang hati mendonorkan darah mereka karena dengan cara demikian mereka dapat melakukan sesuatu yang berarti bagi hidup orang lain secara khusus yang membutuhkan pertolongan,” jelasnya.

Menurutnya, keprihatinan seperti ini semakin menguat, ketika OMK Lahurus mendapat kabar bahwa PMI Belu mengalami kekurangan stok darah.
“Sebagai Moderator OMK dan gembala di Paroki Lahurus, saya sangat bahagia dengan semangat dan kerelaaan rekan-rekan OMK,” ungkap Pater Ryan sapaan karibnya.

Ia mengatakan aksi donor darah menunjukkan bahwa OMK Lahurus memiliki semangat seperti Kristus yang memberikan hidup-Nya bagi keselamatan umat manusia. (rino mesak)

Baca Juga :   Anggota MPR RI, Paul Liyanto: Mata Pelajaran PMP Wajib Ada, Demi Pembentukan Karakter Anak Bangsa
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top