TIMOR

PLN: Kerusakan Tower dan Pembangkit Listrik Apung, Sebabkan Pemadaman Listrik di Belu dan Malaka

ATAMBUA, Kilastimor.com-Badai Siklon Seroja yang melanda daratan Timor, telah menyebabkan banjir bandang hingga pemadaman listrik di Kota Atambua dan kecamatan-kecamatan yang ada.

Untuk tiga kecamatan di Atambua, Kabupaten Belu dan kecamatan lainnya, terpantau dilakukan pemadaman dengan kisaran 80 persen dan kondisi kota gelap gulita.

Sejumlah pertokoan di Kota Atambua dan sekitarnya, hanya diterangi listrik menggunakan genset pribadi. Listrik hanya menyala disekitaran, Simpang Lima, PLN Atambua hingga rumah jabatan Bupati Belu.

Hingga kini belum diketahui penyebab pemadaman listrik oleh PLN yang telah terjadi sejak 5-6 April 2021.

Manejer PLN Atambua, Carlos da Neves yang dikonfirmasi, Selasa (6/4/2021) malam memohon maaf atas pemadaman dan ketidaknyamanan masyarakat di Kabupaten Belu.

Dikatakan, pemadaman tidak saja di Kota Atambua dan sekitarnya, pemadaman terjadi juga di kecamatan di seluruh Belu juga Kabuaten Malaka.

Dijelaskan, pemadaman terjadi karena ada kerusakan kerusakan tower Saluran Utaman Tegangan Tinggi (SUTT) di TTS dan Kabupaten Kupang, sehingga Belu dan Malaka terdampak. “Listrik selama ini disuplai dari Kupang, karena tower rusak, kita juga terdampak,” paparnya.

Tidak saja tower yang rusak, pembangkit listrik apung di Tenau juga mengalami kerusakan, dimana kabel-kabel terendam air.

Saat ini lanjutnya, sedang dalam perbaikan oleh teknisi, sehingga pelayanan kembali normal. Namun belum diketahui kapan akan selesai pemulihannya.

Baca Juga :   Pertandingan ETMC 2019 Bisa Diakses Lewat Live Streaming TVRI

Untuk pembangkit di Atambua, itu hanya cadangan dan tidak bisa memenuhi kebutuhan semua di Belu. Saat ini pihaknya hanya fokus nyalakan pembangkit untuk melayani rumah sakit yang menyimpan vaksin Covid-19. (ferdy talok)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top