TIMOR

Bupati Malaka: Keberhasilan Pendidikan Diukur dengan Kualitas

BETUN, Kilastimor.com-Pemda Malaka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh pada 2 Mei 2021 hari ini.
Hari Pendidikan Nasional diperingati untuk mengenang tokoh pahlawan Ki Hadjar Dewantara atau yang biasa disebut sebagai Bapak Pendidikan Nasional.

Hardiknas tahun ini diperingati dengan pengibaran bendera Merah Putih bertempat di Lapangan Umum Betun, Kabupaten Malaka, Provinsi NTT.

Bupati Malaka Dr. Simon Nahak, SH, MH dalam amanatnya selaku inspektur upacara mengajak seluruh masyarakat Malaka untuk bersama sama membuka pikiran, guna memahami apa makna dari hari Pendidikan Nasional ini. 
Secara Filosofis, tadi sudah dibacakan dalam UUD Republik Indonesia alinea keempat yakni mencerdaskan kehidupan bangsa.

Untuk landasan yuridis, landasan hukum, mengapa tanggal 2 Mei ini tentu ada dasar hukum. “Tidak bisa sesuka hati kita untuk merubah tanggal 2 menjadi 3 – 4 dan selanjutnya,” katanya.

Karena dasar hukumnya adalah Keputusan Presiden Republik Indonesia nomor 316 tahun 1959, untuk itulah yang harus ditegakkan.

Dikemukakan, keberhasilan pendidikan diukur dengan kualitas, kedisiplinan, kejujuran dimana jujur terhadap diri sendiri, jujur terhadap keluarga, jujur terhadap sesama dan jujur ditempat kerja.

Terkait Covid-19, Bupati Malaka menyebutkan, Malaka masih zona hijau. Karena itu, harus dipertahankan.

“Kabupaten malaka masih zona hijau, kita harus pertahankan. jajaran Dinas kesehatan dan rumah sakit tolong kerja serius, demikian juga kita sekalian bapak dan ibu guru dan anak anak sekalian tolong jaga kesehatan dan selalu taati protokol kesehatan . Mari kita bekerja yang berkualitas kalau ingin bersaing,” tandasnya.

Baca Juga :   491 Peserta Ikut SKB Tes CPNS Kota Kupang

Dia berjanji akan turun kesekolah-sekolah untuk melihat bagaimana sistem belajar secara daring atau secara ofline dan tatap muka. “Menurut saya kita batasi dulu tatap muks, karena penyakit ini belum aman benar,” imbuhnya.

Pantauan media inu, upacara bendera hanya diikuti sejumlah pelajar SD, SMP dan SMA serta guru, karena protokol kesehatan Covid-19. Hardiknas dihibur oleh Drum Band SMAS Sinar Pancasila Betun.

Undangan yang hadir, Wakil Ketua 2 DPRD Malaka, Hendrik Fahik Taek dan beberapa anggota DPRD, Wakapolres Malaka, Kompol I ketut Saba,  Danramil 1605-04 Betun, Mayor Kavaleri, Ahmad Hartono dan pimpinan OPD. (edy sumantri)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top