HUKUM & KRIMINAL

Jelang Idul Fitri, Polres Malaka Gelar Operasi Ketupat Ranaka

Bupati Malaka sematkan pita operasi.

BETUN, Kilastimor.com-Jelang Idul Fitri 1442 H, Polres Malaka memggelar operasi cipta kondisi dengan sandi Operasi Ketupat Ranaka 2021.

Apel operasi itu ditandai dengan penyamatan pita operasi ini, dipimpin oleh Bupati Malaka Dr. Simon Nahak, S.H,MH , yang dilaksanakan di Lapangan Umum Betun, Kecamatan Malaka Tengah, Kabupaten Malaka, Provinsi NTT, Rabu (5/5/2021).

Bupati Malaka, Simon Nahak saat membacakan sambutan Kapolri, Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo mengatakan apel gelar pasukan di masa pandemi Covid-19 sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2021 dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah/ 2021 Masehi.
Pengecekan meliputi aspek personel maupun sarana prasarana serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda dan mitra Kamtibmas lainnya.

Lebih lanjut disebutkan, Operasi Ketupat 2021 dalam rangka pengamanan Idul Fitri yang disusun Mabes Polri, ditindaklanjuti seluruh jajaran dengan membuat perkiraan ancaman, cara bertindak dan penggelaran personel. “Hal ini diharapkan dapat diimplementasikan dalam pelaksanaannya,” katanya. 

Operasi Ketupat Ranaka 2021  bertujuan untuk menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat (Kamtibmas) selama masa bulan ramadhan sembelum dan sesudah Sholat Idul Fitri dilaksanakan.
Operasi ini dilaksanakan selama 12 hari, terhitung 6 Mei hingga 18 Mei 2021.

Kepada anggota Polri dan mitra yang terlibat, untuk serius melaksanakan pengamanan ini, agar yang melaksanakan ibadah puasa dan Sholat Id berjalan aman dan lancar. 

Baca Juga :   Ketua MA Didesak Mundur karena tidak Mampu Emban Kepercayaan Publik

Memgakhiri sambutan, SN sapaan karib Bupati Malaka meminta anggota yang bertugas dan masyarakat, menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19, dengan mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak serta menerapkan pola hidup sehat dan bersih.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kapolres Malaka, AKBP Sigit Harimbawan didampingi Wakapolres, Kompol I Ketut Saba dan Kabag Ops AKP Evodius Nuka kepada wartawan usai apel gelar pasukan mengatakan,
apel ini dilakukan untuk mendapatkan gambaran kekuatan dalam rangka Operasi Ketupat Ranaka 2021.

Gelar pasukan ini dalam rangka menciptakan kondisi aman, tertib dan damai menjelang puncak hari Raya Idul Fitri 1442 H/2021 di tengah Pandemi Covid-19 ini.

Untuk lingkup Polres Malaka, katanya, akan disiapkan kekuatan penuh bersama jajaran lain agar memantau kamtibmas serta melakukan sosialisasi tentang pentingnya menerapkan protokol kesehatan covid-19.

“Kita semua harus ikut menjaga diri dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Dan jalankan perintah pimpinan Polri yang sudah dituangkan dalam amanat Kapolri terkait larangan mudik. Ini tentu menjaga agar tidak ada penyebaran covid-19,” bilangnya.

Ditanya soal posko operasi, Sigit mengatakan dipastikan tiga titik pengamanan seperti halnya sudah diterapkan pada beberapa waktu lalu di pintu masuk ke wilayah Kabupaten Malaka. (edy sumantri)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top