NASIONAL

Malaka jadi Kawasan Transmigrasi Nasional Sesuai RPJMN 2020-2024

BETUN, Kilastimor.com-Kabupaten Malaka yang berbatasan dengan negara Timor Leste resmi ditetapkan sebagai Kawasan Transmigrasi Nasional sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024.
Kawasan Prioritas Transmigrasi Nasional yang ditetapkan melalui Keputusan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi itu disebut dengan nama Kawasan Transmigrasi Kobalima Timur.

Hal ini dikatakan Kepala Dinas (Kadis) Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakertrans) Kabupaten Malaka, Vinsen Babu, S. Pi, M.Si kepada wartawan sesaat sebelum pembukaan Forum Komunikasi Transmigrasi (FORKASI) Regional II yang digelar di Sultan Hotel Jakarta, Kamis (27/5/21).

Kadis Vinsen mengatakan, penetapan status Kawasan Prioritas Transmigrasi menjadi terobosan dan upaya pembangunan Kabupaten Malaka dengan sasaran-sasaran kegiatan yang menyentuh sektor-sektor kebutuhan masyarakat seperti pembangunan infrastruktur yang mencakup perumahan, air bersih, jalan, sarana olahraga dan fasilitas umum lainnya.

“Kita juga patut berbangga bahwa Visi-Misi dan Program Pembangunan Kabupaten Malaka kepemimpinan Bupati Simon yang bergandengan dengan Wakil Bupati (Wabup), Louise Lucky Taolin, S. Sos sesuai program ketransmigrasian yakni swasembada pangan, adat-budaya, kualitas tata kelola dan infrastruktur,” jelas Kadis Vinsen.

Dengan begitu, lanjut Kadis Vinsen revitalisasi kawasan transmigrasi untuk mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) Desa dapat mengentas kemiskinan, memperkuat kelembagaan desa, membangun budaya desa yang adaptif melalui penyediaan sarana di berbagai bidang dan peningkatan kesadaran warga transmigran tentang budaya lokal.

Baca Juga :   Festival Batar Manaik Harus jadi Ikon Wisata Malaka

Sebagaimana dilansir, Bupati Malaka, Dr. Simon Nahak, SH, MH diundang untuk menghadiri FORKASI Regional II diantara sejumlah kepala daerah asal Provinsi NTT. Kabupaten Malaka ditetapkan sebagai Kawasan Prioritas Transmigrasi Nasional dari 62 daerah lain di Indonesia. Tahun sebelumnya pun, Kabupaten Malaka menjadi prioritas pembangunan dan pengembangan daerah transmigrasi dari 144 daerah se-Indonesia. Malaka diprioritaskan karena sebagai daerah perbatasan dengan Timor Leste. (edy sumantri)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top