RAGAM

SN: Pembangunan Daerah Butuh Dukungan Pempus

BETUN, Kilastimor.com-Bupati Malaka, Dr. Simon Nahak, SH, MH dan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT), Dr.(Hc) Drs. A Iskandar, M. Pd pada kegiatan Forum Komunikasi Transmigrasi (FORKASI) Regional II yang berlangsung di Ballroom Sultan Hotel Jakarta, Kamis (27/5/21) mengemukakan, banyak program pembangunan yang sudah direncanakan daerah agar dilaksanakan untuk meningkatkan kesejahteraan. Namun, terdapat juga kendala terkait ketersediaan sumber daya untuk mengakomodir pelaksanaan semua program pembangunan daerah.
Salah satu ketersediaan sumber daya seperti anggaran masih dibutuhkan untuk mendukung pelaksanaan program pembangunan.

Atas kondisi ini, kata Bupati Malaka dibutuhkan perhatian dan dukungan pemerintah pusat dan provinsi dalam kelancaran pelaksanaan program. “Sehingga, organisasi perangkat daerah (OPD) perlu bertindak cepat dalam merespon program, dukungan Pemprov dan Pempus dengan terus saling berkoordinasi,” kata Bupati Simon.

Sementara itu, Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT), Dr.(Hc) Drs. A Iskandar, M. Pd dalam arahannya saat pertemuan FORKASI Regional II tersebut mengatakan dukungan dan kerja keras Pemda sangat dibutuhkan dalam menyukseskan pelaksanaan program kementerian di daerah.

Menurut Menteri Iskandar, respon dan dukungan setiap Pemda dipandang sebagai support yang luar biasa dan amanah bagi Kemendes PDTT untuk mendukung program pembangunan daerah umumnya dan transmigrasi khususnya dalam mempercepat pertumbuhan dan pemerataan pembangunan di daerah.

Menteri Iskandar mengatakan tidak ada penambahan kawasan transmigrasi baru di daerah-daerah seluruh Indonesia. Yang dilakukan, pemenuhan kuota sisa daya tampung pada lokasi binaan transmigrasi yang sudah dibangun selama ini. Untuk itu, sebuah lokasi transmigrasi yang sudah dibangun akan direvitalisasi untuk menyelesaikan masalah-masalah lain di sekitar lokasi transmigrasi seperti jalan, air bersih, jembatan dan fasilitas umum lainnya.

Baca Juga :   Tiga ASN Malaka Terancam Dilaporkan ke Polisi

Selanjutnya, program transmigrasi juga dilaksanakan tidak hanya untuk mengatasi masalah ekonomi, akan tetapi masalah sosial dan budaya dengan tetap memberi jaminan keberhasilan baik aspek pertumbuhan dan pemerataan dapat berjalan secara seimbang tanpa saling mengesampingkan. (edy sumantri)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top