TIMOR

Warga Babulu Selatan, Malaka Siap Hibahkan Tanah untuk Translok

BETUN, Kilastimor.com-Warga Desa Babulu Selatan Kecamatan Kobalima Kabupaten Malaka menghibahkan lahan untuk dijadikan lokasi transmigrasi lokal (Translok).
Kerelaan warga itu diungkapkan
tokoh masyarakat Desa Babulu Selatan, Paulus Lau saat sesi tanya jawab dalam kunjungan kerja (kunker) Wakil Bupati (Wabup) Malaka, Louise Lucky Taolin yang akrab disapa Kim Taolin di Kantor Desa Babulu Selatan, Kamis (6/5/21).

Mantan Kades Babulu Selatan itu mengatakan, persiapan lahan kurang lebih seluas 400 hektar (ha) untuk dijadikan lokasi transmigrasi sudah dilakukan jauh sebelumnya. Warga sudah rela menyiapkan lahan seluas itu sebelum Kabupaten Malaka dimekarkan. Hal ini untuk menjawab kebutuhan warga Babulu Selatan akan infrastruktur jalan dan perumahan.

Disamping itu, warga menyerahkan lahan demi percepatan pembangunan daerah perbatasan RI-RDTL. “Sekarang sudah mekar, warga lokal dan warga eks Tim-Tim (saat ini Timor Leste) butuh perumahan,” tandasnya.

Kadis Nakertrans Kabupaten Malaka, Vinsen Babu, S. Pi, M. Si dalam sambutannya mengatakan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi telah menaruh perhatian terhadap Kabupaten Malaka yang dimekarkan pada 2013.
Di bidang transmigrasi, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi telah membangun Rumah Tinggal Jamban Keluarga (RTJK) tipe 36 sebanyak 75 unit pada 2019, dengan alokasi anggaran yang bersumber dari dana Tugas Pembantuan.

Tahun ini, kata Vinsen Kemendes kembali mengucurkan bantuan RTJK di wilayah Desa Kapitan Meo Kecamatan Laenmanen sebanyak 50 unit dan bantuan lain yang akan direalisasikan pada tahun 2022 seperti pembenahan infrastruktur jalan di Desa Tniumanu Kecamatan Laenmanen sepanjang 3,5 km dengan alokasi dana alokasi khusus (DAK) Afirmasi Tahun 2022.

Baca Juga :   Layani Pencari Kerja, Dispendukcapil Malaka Buka Loket Khusus

Kucuran bantuan pembangunan Kawasan Perkotaan Baru (KPB) di Babulu Selatan pada 2022 dengan kegiatan Rencana Teknis Kawasan Pengembangan (RTKP) dan infrastruktur jalan sepanjang 5 km.

Wabup Malaka, Kim Taolin dalam arahannya saat kunker tersebut mengatakan Taolin Ludovikus, almarahum ayahnya yang pernah menjabat Wabup Belu telah berjuang untuk memekarkan Kabupaten Malaka bersama Bupati Belu, Joachim Lopez dan Sekda Belu, Petrus Bere saat itu. Perjuangan pemekaran itu telah diwujudkan dan perhatian kepada warga Babulu Selatan tiada hentinya di antaranya pembukaan ruas jalan yang melintasi wilayah Desa Babulu Selatan, Babulu di Kecamatan Kobalima menuju wilayah Kecamatan Malaka Timur sepanjang 17 km.

Sesuai program kampanye Pilkada 2019 lalu, kata Wabup Kim Taolin, bersama Bupati Malaka, Dr. Simon Nahak, SH, MH akan meneruskan hasil kerja keras para pejuang pemekaran Kabupaten Malaka dengan membangun dan meningkatkan kualitas ruas jalan tersebut.
Sehubungan dengan itu, Wabup Kim Taolin mengimbau agar warga Desa Babulu Selatan selalu kompak dan bekerja untuk menyukseskan bantuan program KPB Kemendes dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malaka dalam bidang pembangunan rumah dan infrastruktur jalan. (edy sumantri)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top