EKONOMI

Pemda Malaka Salurkan Rp 1,6 Miliar untuk Kelompok Tani

BETUN, Kilastimor.com-Upaya pemerintah untuk membantu kelompok tani di Malaka terus bergulir. Bupati Malaka, Dr. Simon Nahak, SH, MH selama 1 minggu belakangan ini telah menggelontorkan dana sebesar Rp 1,6 miliar kepada kelompok tani dan petani milenial yang ada di Kabupaten Malaka.

Kucuran dana itu sebagai bentuk perhatian pemerintah untuk mendukung program-program kerja Bupati dan Wakil Bupati Malaka, terutama Program Swasembada Pangan.

“Selama 1 minggu ini, melalui Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan atau Dinas Pertanian, Saya telah menyerahkan dana bantuan untuk kelompok tani sebesar Rp 1,6 miliar. Bantuan itu merupakan bentuk perhatian dan upaya pemerintah daerah untuk membantu masyarakat tani yang terus bekerja keras di masa pandemi ini,” demikian kata Bupati Simon di Ruang Rapat Bupati Malaka, Kamis (8/7/2021).

Lebih lanjut Bupati Simon yang memperkenalkan slogan “lebih banyak eksekusi dari pada diskusi” ini menyebutkan dirinya sangat mengapresiasi sambutan dari pemerintah pusat yang konsen terhadap program yang dilakukan.

“Ketika kami membeberkan program pemerintah Kabupaten Malaka di Kementerian Pertanian, sambutannya sangat positif sehingga bantuan seperti ini akan terus mengalir,” tandas Doktor Hukum Pidana ini.

Bupati Simon kepada kelompok tani penerima bantuan mengharapkan agar manfaatkan dana ini sebaik-baiknya dan jangan digunakan untuk kepentingan pribadi atau disalahgunakan.

“Suatu waktu saya akan turun ke kelompok untuk mengecek penggunaan keuangan sehingga betul-betul dipakai sesuai peruntukkannya. Manfaatkan dana ini sebaik-baiknya,” tegasnya.

Baca Juga :   Pemkab Malaka Secara Bertahap Bangun Pariwisata

Sementara, Ludovikus Asa, Kepala Bidang Sarana Prasarana Dinas TPHP Kabupaten Malaka merincikan dana bantuan ini berasal dari Kementerian Pertanian melalui Ditjen Prasarana Sarama Pertanian Kementan RI kepada 6 kelompok tani atau UPPK.

“Setiap Poktan menerima 200 juta per kelompok dan dananya sudah langsung ditransfer di rekening kelompok untuk dimanfaatkan,” tuturnya.

Ditanya tentang jenis kegiatan yang harus dilakukan kelompok, Ludovikus mengemukakan beberapa kegiatan antara lain pembuatan rumah kompos dan bak fermentasi, pembuatan kandang komunal, pengadaan ternak sapi kurang lebih 8 ekor, pengadaan alat pengelola pupuk organik, pengadaan kendaraan roda 3.

Adapun kelompok tani penerima bantuan itu adalah Poktan Bones (Desa Alkani/Wewiku), Poktan Rai Oan (Desa Laleten/ Weliman), Poktan KWT Anugerah (Desa Lakulo/ Weliman), Poktan Umarat (Desa Rabasa Hain/ Malaka Barat), Poktan KT St. Laurensius (Desa Litamali/ Kobalima), Poktan Sejahtera ( Desa Umakatahan/ Malaka Tengah).

Sebelumnya pada Senin, 5 Juli 2021 Bupati Simon Nahak juga menyerahkan dana bantuan sebesar 100 juta per kelompok kepada Poktan Brubif Jaya, Poktan Aiteka Laran, Petani Milenial Kletek, Milenial Bolan Jaya.

Hadir mendampingi Bupati dalam acara penyerahan bantuan ini,  Silvester Leto (Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekda Malaka), Vinsensius Kapu ( Kepala Dinas TPHP Kabupaten Malaka. (*/edy sumantri)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top