TIMOR

Idul Adha, Pemkot Kupang Serahkan 21 Ekor Hewan Kurban

KUPANG, Kilastimor.com-Dalam rangka merayakan Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah, Pemerintah Kota Kupang menyediakan 20 ekor sapi sebagai hewan kurban yang dibagi-bagikan secara serentak ke sejumlah Masjid di Kota Kupang.
Berbeda dari perayaan tahun-tahun sebelumnya, akibat lonjakan kasus Covid-19 di Kota Kupang yang semakin tinggi, Pemerintah Kota Kupang telah mengeluarkan kebijakan pembatasan sosial, termasuk yang mengatur tentang perayaan Idul Adha, penyerahan dan pemotongan hewan kurban.

Wali Kota Kupang dalam kesempatan tersebut mewakili Gubernur NTT menyerahkan 1 ekor sapi hewan kurban bantuan Pemerintah Provinsi NTT kepada umat muslim di Masjid Attin, Kelurahan Namosain, Selasa (20/7) menyampaikan selamat Hari Raya Idul Adha kepada seluruh Umat Muslim di Kota Kupang. Diakuinya penyerahan hewan kurban oleh Pemkot Kupang merupakan agenda rutin setiap tahun pada perayaan Idul Adha.

Karena jumlahnya terbatas maka tidak semua masjid mendapat bagian setiap tahunnya. Wali Kota berharap hewan kurban yang diserahkan hari ini bisa digunakan dan dibagikan kepada warga yang membutuhkan.

Wali Kota memastikan sebagai kota toleransi yang sudah mendapat pengakuan serta penghargaan dari pemerintah pusat, Pemkot Kupang akan selalu memberikan perhatian kepada warga yang membutuhkan tanpa ada sekat atau perbedaan. “Saat ini kita dibatasi dalam banyak hal, akibat covid. Tapi kebersamaan kita sebagai umat beragama yang rukun harus tetap terjaga,” pungkasnya.

Baca Juga :   SK Gubernur Terbit, Pelantikan DPRD Belu Dipastikan 9 September

Pada kesempatan yang berbeda, Wakil Wali Kota Kupang, dr. Hermanus Man saat menyerahkan hewan kurban di Masjid Baburahman, Kelurahan Kayu Putih berterima kasih kepada umat muslim di Kota Kupang yang sudah berbesar hati mengikuti imbauan Pemkot Kupang tentang larangan sholat Idul Adha berjamaah. Sebelumnya setelah pertemuan bersama Kapolres Kupang Kota, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Kupang, Dewan Masjid dan Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kota Kupang, Pemkot Kupang mengeluarkan imbauan tentang larangan menggelar sholat Idul Adha berjamaah serta melarang takbiran keliling. Pengorbanan umat muslim ini menurutnya perlu diapresiasi.

Senada dengan Wali Kota, Wawali juga mengimbau kepada seluruh umat muslim di Kota Kupang untuk terus merawat kebersamaan dalam membangun Kota Kupang, terutama dalam upaya penanganan penyebaran covid 19 dengan mentaati protokol kesehatan dan vaksinasi.
Imam Masjid Attin, Mansyur Keneng, SH menyampaikan terima kasih kepada pemerintah yang terus memberikan perhatian kepada mereka selama ini. Dia berharap perhatian ini bisa terus mereka dapatkan di tahun-tahun mendatang. “Semoga bantuan pemerintah yang kami terima hari ini dibalas oleh Allah SWT,” ujarnya. Ungkapan yang sama juga disampaikan Ketua Takmir Masjid Baburahman, Abas Kasim. Atas nama Imam Masjid dan seluruh jamaah Masjid Baburahman dia menyampaikan terima kasih atas perhatian yang diberikan Pemkot Kupang kepada umat muslim setiap tahun.

Baca Juga :   Mengherankan! Kambing warga Hilang Ditemukan di Rumah Dinas Polsek

Dalam penyerahan di Masjid Attin, Wali Kota didampingi oleh Pelaksana Tugas Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kota Kupang, Ignasius R. Lega, SH, Kabag Kesra Setda Kota Kupang, Djoni Domisius Bire, SH, Camat Alak, Yulianus Willem Pally, SH. Sementara Wawali didampingi oleh Kadis Ketahanan Pangan Kota Kupang, Drs. Iskandar Kapitan, Kepala Bidang Kesbangpol dan Lurah Kayu Putih.

Usai menyerahkan hewan kurban di Masjid Attin Namosain, Wali Kota Kupang didampingi Kadis Pertanian Kota Kupang, Drs. Obed Kadji meninjau langsung persiapan pemotongan hewan di Rumah Potong Hewan (RPH) Pemkot Kupang di Bimoku, Kelurahan Lasiana.

Adapun 20 masjid yang menerima sapi kurban dari Pemkot Kupang tahun ini antara lain Masjid Al-Mutazam Kelurahan Namosain, Masjid Shirajul Hidayah Namosain, Masjid Al-Hikmah Nun Baun Sabu, Masjid Al-Alak di Alak, Masjid Al Taqwa di Naikoten I, Masjid Baiturrahman di Bakunase, Masjid Nur Musafir di Batuplat, Masjid Nursaadah di Fontein, Masjid Baburrahman di Kayu Putih, Masjid Al-Mujahirin Oebufu, Masjid Al-Istiqomah di TDM, Masjid Nurul Iman di Oebobo, Masjid Darul Hijrah di Kolhua, Masjid Al-Mujahidin di Penfui, Masjid Nurul Hidayah Kelapa Lima, Masjid At-Taubah Oesapa Selatan, Masjid Al-Islamiyah Lasiana, Masjid Nurul Iman Fatubesi, Masjid Baitul Qodim di Airmata dan Masjid Al-Fatah di Kelurahan Solor.

Selain Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kupang, hewan kurban dari Pemkot Kupang juga diserahkan oleh pimpinan DPRD Kota Kupang serta para Asisten Sekda dan pimpinan perangkat daerah lingkup Pemkot Kupang di tiap-tiap masjid yang sudah ditentukan. (rino mesak)

Baca Juga :   Kotta: Pertanian Malaka Meningkat dengan Program RPM
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top