EKONOMI

CU Kasih Sejahtera Bangun Kantor Megah, Bupati Belu Bangga dengan Putra Daerah

Misa pemberkatan Gedung Kantor Pusat CU Kasih Sejahtera

ATAMBUA, Kilastimor.com-Gedung Kantor Pusat Credit Union (CU) Kasih Sejahtera yang megah dan modern dibilangan Jalan Soekarno-Hatta, Atambua, diresmikan, Jumat (20/8/2021).

Pantauan media ini, pengresmian gedung berlantai empat itu diawali dengan penandatangan prasasti oleh Bupati Belu dan Uskup Atambua dan kemudian dilanjutkan dengan misa yang dipimpin Uskup Atambua dan para imam konselebran.

Hadir pada kesempatan itu, Ketua DPRD Belu, Jeremias Manek Seran Jr. Kajari Belu, Alfons Loe Mau, Kapolres Belu, AKBP Khairul Saleh, Dandim 1605/Belu, Letkol (Inf). Wiji Untoro, Pengurus CU, manajemen dan anggota CU.

Bupati Belu, Taolin Agustinus dalam sambutannya saat pengresmian gedung Kantor Pusat CU Kasih Sejahtera menyatakan kebanggaannya karena pemgurus CU Kasih Sejahtera mampu membangun gedung yang mewah.

Dikatakan, pada hari ini dirinya belajar dari kesuksesan CU dan kedepan pemerintah bisa mengintegrasikan pemberdayaan ekonomi masyarakat. “Ada pelajaran dan kisah dari sini. Kedepan bantuan pemerintah bisa diintegrasikan dengan CU,” tambahnya.

Pada kesempatan itu, dia meminta para kepala desa untuk menggandeng CU memberi pelatihan tentang pemberdayaan ekonomi masyarakat. “Jangan belajar jauh-jauh ke Bali dan Jawa. Datang belajar saja di CU soal pemberdayaan,” tuturnya.

Bupati yang karib disapa Agus Taolin itu menyatakan kebanggaan, karena anak-anak daerah Belu bisa mengelola dan membangun. “Sebagai orang Belu kita harus bangkit karena kita mampu,” timpalnya.

Baca Juga :   SBS Serahkan Enam Sepeda Motor untuk PPL

Sementara itu, Mgr. Dominikus Saku Pr. mengucapkan proficiat atas HUT ke-14 dan pengresmian gedung kantor CU. Dengan gedung baru ini, lanjutkan pelayanan dan fokus meraih akses branding.

Saat ini sergahnya, Keuskupan Atambua bekerjasama dengan KWI untuk sejumlah proyek. Di Malaka dibangun pupuk cair dari pisang. Sehingga saat ini sedang dilakukan pengembangan tanaman pisang. Di Mutis dikembangkan labu jepang.

Ketua Pengurus Cu Kasih Sejahtera, Romo Krisantus Lake Pr dalam sambutannya mengemukakan, gedung yang berdiri kokoh dan diresmikan saat ini, merupakan bukti pemberdayaan anggota.

Hingga kini CU Kasih Sejahtera terus bertumbuh dalam jumlah anggota dan aset.
Anggota saat ini sudah mencapai 36 ribu anggota. Sedangkan aset telah mencapai Rp 455 miliar.

Kedepan pihaknya akan meningkatkan pelayanan kepada anggota dan pihaknya akan meningkatkan kredit produktif dari pada kredit konsumtif.

Menurutnya, bisnis CU merupakan bisnis kepercayaan dan sosial. Karena itu, pengurus, pengawas maupun manajemen menjaga kepercayaan anggota, demi peningkatan kejayaan CU kedepan.

Selanjutnya, Ketua Puskop CUINA, Marselus Sunardi menyebutkan kehadiran CU hendaknya menjadi gerakan pemberdayaan dan pembangkit ekonomi anggota.

CU ungkapnya, terbuka untuk semua lapisan masyarakat dan agama. “CU tidak hanya untuk orang katolik, tapi terbuka untuk semua golongan,” terangnya.

Bagi anggota yang beragama bukan katolik urainya, tidak akan dipengaruhi untuk menjadi katolik, sebab CU bukan pewarta agama, melainkan lembaga ekonomi yang dibentuk untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya anggota.

Baca Juga :   Tangkap Peluang, Bupati Usulkan Pembangunan Tempat Pelelangan Ikan Internasional di Belu

Ketua Panitia Pembangunan Gedung Kantor Pusat CU Kasih Sejahtera, Rm. Sipri Tes Mau dalam paparannya mengemukakan, kantor Kantor Pusat CU Kasih Sejahtera disebut “Rumah Pemberdayaan” dibangun selama dua tahun dengan sistem swakelola murni sejak 2019 hingga 2021.

Membangun gedung megah ini katanya, banyak suka dan dukanya. Dukanya, ada salah satu tukang meninggal dunia akibat kecelakaan kerja, kemudian tukang lainnya terluka pada bagian mata akibat terkena paku, namun berhasil sembuh setelah dilakukan operasi.

Dikemukakan, pada gedung ini akan menjadi tempat untuk berpikir kreatif dan inovatif untuk pemberdayaan ekonomi diri dan anggota.

Gedung ini berdiri ungkapnya, berkat kontribusi anggota, pengurus dan manejemen selama 14 tahun. “Ini merupakan bukti keberhasilan anggota dan pengurus. Terima kasih atas kontribusi semua pihak,” tuntasnya.

Ketua Panitia HUT ke-14 dan Pengresmian Gedung Kantor Pusat CU Kasih Sejahtera, Abel Dasi dalam laporannya mengatakan serangkaian kegiatan telah digelar sejak 18-20 Agustus 2021. Kegiatan yang digelar yakni ritual adat, seminar, pemutaran film sejarah CU Kasih Sejahtera dan bedah buku.

Damianus Bau Lema, SE selaku General Manager (GM) CU Kasih Sejahtera yang diwawancarai media mengemukakan, dengan hadirnya gedung Kantor Pusat CU Kasih Sejahtera, pihaknya terus berkomitmen memajukan lembaga tersebut.

Salah satu target yang ingin dicapai yakni meraih Access Branding ditingkat Asia. Access Branding merupakan penghargaan yang diberikan CU Asia yang berada di Hongkong, terkait penilaian tata kelola CU dan kualitas pelayanan CU Primer. “Kita menargetkan dapat penghargaan Access Branding,” tandas jebolah Universitas Warmadewa, Denpasar, Bali itu.

Baca Juga :   150 Ton Bibit Bawang Merah Didistribuksikan ke Kelompok Tani di Malaka

Hingga saat ini, sebutnya, baru satu satu CU Primer di Indonesia yang menerima Access Branding Silver. CU penerima Access Branding yakni CU Sauan Sibarung Toraja.

Ditanyai soal jumlah anggota dan aset CU, Dami Bau Lema menguraikan, data per 31 Juli 2021, untuk anggota jumlahnya mencapai 36.912 orang, sedangkan aset sudah mencapai Rp 455 miliar. (ferdy talok)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top