TIMOR

Masyarakat Sasitamean Diminta Jangan Takut Divaksin

BETUN, Kilastumor.com-Masyarakat Malaka khususnya di Wilayah Sasitamean diminta untuk tidak takut divaksin, jika waktunya tiba. Selain itu, setiap harinya selalu taat pada Protokol Kesehatan Covid-19, agar dari waktu ke waktu masyarakat terbebas dari virus ini.
Hal ini dikatakan Bupati Malaka, Dr. Simon Nahak, SH, MH di Kantor Camat Sasitamean, Selasa (24/8/2021) dalam rangka kunjungan kerja untuk kegiatan edukasi dan sosialisasi penyebaran Covid-19.

“Saya sudah berkeliling di beberapa kecamatan dan Sasitamean menjadi kecamatan ke sepuluh. Dan selalu saya tegaskan hal yang sama ke masyarakat untuk tidak boleh kendor menjalankan prokes covid-19.
Jika masyarakat semakin sadar, pasti kita bisa minimalisir virus ini,” tandasnya di hadapan para Kepala Desa dan Ketua BPD yang hadir.

Khusus tentang vaksin, Bupati Malaka mengungkapkan bahwa adanya informasi yang berkembang bahwa masyarakat menolak vaksin, sesungguhnya informasi itu tidak benar.
“Saya tegaskan lagi bahwa masyarakat di NTT dan Malaka khususnya tidak pernah menolak vaksin. Tiap hari saya berurusan dengan surat menyurat dan tidak ada satu surat dari Gubernur yang mengatakan NTT menolak vaksin,” tuturnya lagi.

Sementara tentang acara adat pun, Bupati Malaka yang juga berprofesi Advokat ini mengungkapkan agar selalu dibatasi waktu dan orangnya.

“Memang ada acara adat yang tidak bisa dihindari tetapi kita masih dalam situasi pandemi covid, sehingga harus dibatasi orang maupun waktunya,” tandas Bupati SN.

Baca Juga :   Lay: Persekolahan di Belu Tidak Diliburkan

Senada Wakil Bupati Malaka, Louise Lucky Taolin, S.Sos pada kesempatan yang sama menghimbau kepada seluruh masyarakat Sasitamean untuk tidak boleh takut dengan vaksin, karena justru vaksin itu yang membuat imun tubuh bertambah.

“Saya sendiri sudah divaksin dua kali dan memang tidak terjadi apa-apa. Sehingga saya minta kepada seluruh masyarakat untuk tidak boleh takut dengan vaksin dan jika vaksin sudah tersedia silahkan datang untuk menerima vaksin,” ungkap Kim Taolin, sapaan karib Wabup Malaka.

Wakil Bupati yang disapa Kim Taolin juga meminta kepada jajaran terkait di kecamatan dan desa untuk terus berkoordinasi, jikalau ada warga yang baru datang dari luar daerah segera dilakukan rapid test pada kesempatan pertama untuk mengetahui statusnya, agar bisa diantisipasi sedini mungkin.

Camat Sasitamean, Yanuarius Kabosu dalam laporannya mengemukakan sejak bulan Januari sampai Agustus 2021 jumlah warga kecamatan Sasitamean yang sudah melaksanakan vaksinasi tahap 1 berjumlah 793 orang dan tahap 2 berjumlah 597 orang dari total 9376 penduduk. Sementara jumlah warga yang terpapar Covid-19 sampai saat ini sebanyak 29 orang.

“Warga terpapar yang sedang melaksanakan isolasi mandiri berjumlah 7 orang dan yang sudah selesai isoman sebanyak 3 orang. Meninggal dunia 1 orang di Desa As Manulea dan sudah dikuburkan sesuai protokol covid 19 di Desa As Manulea,” rincinya.

Hadir bersama Bupati dan Wakil Bupati Malaka dalam kegiatan ini yakni Pimpinan Perangkat Daerah Kabupaten Malaka, Kapolsek Sasitamean dan anggota dan petugas kesehatan dari Puskesmas Kaputu. (edy sumantri)

Baca Juga :   Buka STQ Tingkat Kota Kupang, Wawali Minta Dewan Hakim Obyektif
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top