EKONOMI

Pembelian BBM Gunakan jerigen Harus Jelas Peruntukannya, Letto: Pemda Malaka Bakal Tertibkan

BETUN, Kilastimor.com-Mencegah terjadinya pemimbunan dan penyelundupan Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Timor Leste, Pemda bersama Polres malaka bakal menertibkan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dan Agen Premium Minyak Solar (APMS) di Kobalima Timur.

“Kita sudah dapat banyak laporan soal pengisian BBM di SPBU dan APMS yang menyalahi aturan. Kita akan tertibkan semua,” kata
Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekda Malaka, Silvester Letto di Betun, Senin (16/8/2021).

Dikatakan, guna mencegah terjadinya penimbunan dan penyelundupan BBM di negara tetangga yaitu Timor Leste dirinya memerintahkan Kepala Bagian Perekonomian Setda malaka untuk berkoordinasi dengan pihak polres guna melakukan operasi penertiban.

“Saya sudah mendapatkan informasi mengenai keributan di APMS yang berada di perbatasan RI-RDTL, tepatnya di Motamasin, Desa Alas Selatan, Kecamatan Kobalima Timur berapa hari lalu. Kami sudah menghubungi pihak pengusaha APMS untuk membantu mengarahkan petugasnya supaya tidak terjadi keributan dan diupayakan setiap pengisian yang menggunakan jerigen diperhatikan peruntukanya.

Dilanjutkan, pembelian tidak terkendali, dikuatirkan terjadi penimbunan dan penyelundupan BBM, karena kuota BBM di Kabupaten Malaka cukup hingga akhir tahun.

“Jangan karena pembelian berlebihan menyebabkan kuota habis. Apalagi lokasi APMS berdekatan dengan Negara Timor Leste. Utamakan dulu pengisian ke kendaraan bermotor, Bila BBM dengan jerigen harus sesuai peruntukanya,” tegas Letto.

Ia juga meminta kepada pengusaha BBM agar jangan biarkan petugasnya melakukan pungutan liar saat mengisi BBM kepada pelanggan yang mengisi menggunakan jerigen. Sesuai informasi setiap pembelian dengan jerigen dikenakan biaya Rp 10 ribu.

Baca Juga :   Panenan Petani di Lakekun Utara Cukup Baik

“Itu tindakan pungli dan melanggar hukum dan bisa kena sanksi pidana,” tutup Letto. (edy sumantri)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top