TIMOR

Sembuh dari Covid-19, Kadis Kominfo Malaka Bagi Pengalaman ketika Isoman

Frida Klau

BETUN, Kilastimor.com-Kadis Kominfo Malaka, Briyinsina Frida Klau, telah dinyatakan sembuh dari Covid 19 setelah terpapar hampir sebulan.

Pasca sembuh, Frida Klau sapaan karibnya berbagi pengalaman untuk diketahui publik.
Ia kepada media ini, Senin (2/8/2021) mengaku, sejak awal dia sudah mempercayai adanya Covid-19, ditengah kontroversi dan informasi yang simpang siur.

Sejak terkuak virus mematikan itu, dirinya mulai menerapkan protokol kesehatan secara ketat.
“Saya merasa sudah disiplin, mengikuti protokol kesehatan, tetapi memang kejadiannya itu tak diketahui secara pasti tertular di mana dan kapan dan dari siapa,” ungkapnya.

Yang jelas bebernya, dirinya terpapar sejak 5 Juli 2021 setelah rapid test, swab dan PCR. Hasilnya
dinyatakan positif. “Disitu saya terkejut dan kemudian melakukan isolasi mandiri (Isoman) di rumah bersama suami saya, hingga 19 Juli 2021,” paparnya.

Pasca dinyatakan positif, selanjutnya ia melaporkan kepada Bupati Malaka dan memberitahukan staf Dinas Kominfo untuk menyetrilkan kantor Diskominfo dengan memanggil petugas Kesehatan untuk menyemprot disinfektan didalam maupun luar ruangan kantor.

Lanjut Frida Klau, dirinya sempat mengalami gejala yang tidak biasa. Rasa tidak nyaman, nyeri tenggorokan, sakit kepala dan hilangnya indera perasa atau penciuman.

Selama isolasi mandiri, dirinya mengkonsumsi obat dan makanan bergizi. Dirinya juga melakukan kegiatan agar bisa mendukung dirinya cepat sembuh.
Pertama, bangun pagi sebelum jemur badan, minum air kelapa muda yg dicampur madu, jeruk nipis dan garam. Kedua, jemur badan selama 20 menit di panas matahari. Ketiga,  sarapan pagi dengan sup daun marungga yang diolah dengan  jahe dan lengkuas.

Baca Juga :   RPM Mulai Dirasakan Manfaatnya oleh Petani

Keempat, minum susu yang dicampur madu dan jahe dan kelima, mandi selalu dengan air panas.

“Lakukan penguapan air panas yang dicampur sabun cair atau minyak kayu putih (kukus badan) dengan selimut, agar panas bisa dihirup melalui hidung sebelum mandi,” terang. 

Yang keenam, lakukan kegiatan yang bisa dilakukan di halaman rumah seperti menyapu, olahraga dan menanam bunga.

Ketujuh, istirahat yang cukup agar selalu fit. Kedelapan, sering minum air panas yang sudah direndam bawang putih siung tunggal.

Kesembilan, lakukan terapi-terapi  diatas pada waktu pagi dan sore. Dan terakhir berdoa minta penyembuhan dan kekuatan serta pengampunan dari Tuhan.

Pada kesempatan itu, dia meminta semua lapisan masyarakat, bila terpapar covid, jangan berdiam diri dan harus jujur agar bersama bisa mengambil langkah untuk memutus rantai penyebaran virus corona.

“Covid-19 bukan aib, tapi kita perlu protect diri dengan orang lain agar yang sakit tidak menularkan kepada yang sehat,” pintanya. (edy sumantri)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top