TIMOR

Wawali: Fokus Vaksinasi pada Kelurahan di Kota Kupang

KUPANG, Kilastimor.com-Wakil Wali Kota Kupang, dr. Hermanus Man bersama Forkopimda Kota Kupang pada Senin (9/8) dan Selasa (10/8) kembali mengunjungi Puskesmas di Kota Kupang untuk memantau dan evaluasi pelaksanaan vaksin Covid 19.
Hadir mendampingi Wawali, Kasdim 1604/Kupang, Letkol Inf Sugeng Prihatin Sos., M.Sc., M.Tr., Kompol Iwan Iswahyudi, S.Pd., Para Kapolsek, Camat, Lurah dan Kepala Puskesmas setempat.

Dalam kunjungannya kali ini Wawali bersama Forkopimda menekankan kepada setiap Puskesmas yang dikunjungi untuk dapat menekan angka capaian vaksinasi. Kelurahan dengan jumlah penerima vaksin masih rendah agar diberi prioritas. Pelaksanaan dapat dilakukan dengan sistem jemput bola di kelurahan dan juga pada faskes puskesmas setempat.

“Saya berharap puskesmas memiliki data kelurahan mana saja yang masuk wilayah kerjanya dengan jumlah penerima vaksin yang masih rendah agar terus di gempur, sehingga kumulatif penerima vaksin di wilayah tersebut mengalami peningkatan. Lurah hingga RT RW dapat membantu puskesmas dalam mendata warganya untuk diteruskan ke puskesmas,” tutur Wawali.

Wawali menegaskan pada saat pendataan agar dilakukan secara riil, baik itu data penerima vaksin dosis pertama dan kedua, jenis vaksin yang di berikan hingga jumlah dosis vaksin yang dibutuhkan, baik itu jenis Sinovac maupun Astra Zeneca.

Puskesmas diharapkan dapat berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota Kupang dan Layanan Vaksin di luar Puskesmas untuk memperoleh data jumlah warga pada kelurahan dalam wilayah kerjanya yang telah menerima vaksin di luar faskes puskesmas tersebut. Hal ini bertujuan untuk menghitung berapa persen jumlah penerima vaksin di tiap kelurahan dari target 80% yang diharapkan

Baca Juga :   Bupati Malaka Olahraga Sambil Pantau Normalisasi Sungai Benenain

Kunjungan di lakukan pada 5 Puskesmas di Kota Kupang antara lain; Puskesmas Oesapa, Puskesmas Pasir Panjang, Puskesmas Kota Kupang, Puskesmas Manutapen dan Puskesmas Alak. Pada Puskesmas Oesapa saat dikunjungi sedang melakukan vaksin dosis 2 jenis Sinovac dan Astra Zeneca. Puskesmas Oesapa telah melayani vaksinasi bagi 11.362 orang pada 5 kelurahan maupun di luar wilayah kerjanya. Wawali juga berkesempatan menerima vaksin dosis 2 jenis Sinovac pada saat kunjungannya ke Puskesmas Oesapa. Senin (9/10) merupakan jadwal bagi Wawali untuk menerima vaksin dosis 2 bersama keluarga.

Selanjutnya pada Puskesmas Pasir Panjang, data terakhir yang diperoleh pelaksanaan vaksinasi telah dilakukan pada 6.384 orang penerima dosis 1 dan 3.762 orang penerima dosis 2. Pada saat kunjungan pelaksanaan vaksinasi dosis 2 sedang berlangsung hingga selesai untuk kemudian dilanjutkan kembali dengan pelayanan vaksinasi dosis 1. Kunjungan pada hari Senin tersebut berakhir di Puskesmas Kota Kupang. Data yang diperoleh jumlah sasaran vaksinasi 8.014 orang dengan total penerima vaksinasi 7.673 baik penerima vaksin dosis 1 maupun dosis 2.

Hari Selasa (10/8) Wawali kembali mengunjungi Puskesmas Manutapen dan Puskesmas Alak. Data yang diperoleh Puskesmas Manutapen telah melakukan vaksinasi pada 5.365 orang pada 3 kelurahan wilayah kerjanya dan penerima vaksin dari luar wilayah dengan rincian, 192 orang dari kelurahan Mantasi, 527 orang dari kelurahan Fatufeto, 1777 orang dari kelurahan Manutapen dan 2869 orang dari luar wilayah kerja Puskesmas Manutapen. Selanjutnya rombongan menuju Puskesmas Alak dan dilaporkan telah melakukan vaksinasi Dosis 1 pada 6.384 orang dan Dosis 2 pada 3.762 orang yang termasuk di dalam maupun di luar wilayah kerjanya. (rino mesak)

Baca Juga :   Akhir Maret, Dana Desa Kabupaten Kupang Cair
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top