EKONOMI

BPOM Kupang Bagi Tips Membeli Produk Obat dan Makanan yang Aman

BETUN, Kilastimor.com-Masyarakat sebagai harus cerdas dalam membeli makanan dan minuman tertentu. Jika tidak memperhatikan keamanannya, bisa merugikan kesehatan.
Agar tidak terkecoh saat berbelanja produk makanan dan minuman di pasaran, setidaknya ada enam tips untuk memilih produk.

Kepala BPOM Kupang, Tamran Ismail, S.Si, MP. melalui Frama El Lefiyana Pollo, S.Si., M.Sc.Apt. selaku Koordinator  Kelompok  Substansi Informasi dan Komunikasi  Balai POM Kupang kepada media ini disela melaksanakan kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) tentang Keamanan Pangan di sekolah, di aula Hotel Ramayana Betun, Kamis (16/9/2021) mengatakan, yang bisa diterapkan
saat belanja produk makanan dan minuman kemasan, cermati labelnya. 

Konsumen sebutnya, harus bisa membaca label dalam kemasan produk. Di produk kemasan akan ditulis izin edar dari BPOM, tanggal kedaluarsa dan tanggal produksi, komposisi, dan lain sebagainya.

Konsumen seharusnya membeli di tempat atau melalui orang yang jelas. Misalnya, jika berbelanja di toko wajib mengecek komposisi produk. Di label pasti tertera komposisi dari makanan dan minuman kemasan yang dijual di pasaran. “Cek komposisinya agar merasa aman. Apalagi dalam beberapa produk pangan terdapat komposisi yang mengandung alergen. Seseorang yang alergi terhadap bahan tertentu sebaiknya jangan membeli,” ungkapnya.

Dia juga meminta konsumen memastikan merek makanan atau minuman itu legal. Terutama produk impor masuk ke Indonesia. “Hindari makanan dengan pengawet berbahaya. 
Jangan terkecoh harga. Produk pangan yang dijual murah belum tentu aman dikonsumsi. Masyarakat dianggap kurang peduli tentang pentingnya memilih produk pangan yang aman dikonsumsi. Apalagi kalau melihat harga murah, dengan adanya diskon atau bonus yang bakal diperoleh,” terang Lefiyana Pollo.

Baca Juga :   Polemik Bupati Sarai Terpilih Jangan Sampai Pecah Belah Masyarakat

“Kehadiran Balai Pengawas Obat Dan Makanan (BPOM) Kupang  di Kabupaten Malaka selama dua hari ini menjadi kebanggaan tersendiri, karena kami sudah melakukan penandatanganan MoU dengan Pemda Malaka berkaitan pengawasan obat dan makanan,” timpalnya.

Pada bagian akhir, kembali dia meminta masyarakat untuk cerdas dan teliti dalam berbelanja dengan melihat tanggal kadaluarsa produk yang dibeli. Kalau kadaluarasa. (edy sumantri)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top