TIMOR

HUT ke 17, PMI dan Pemkot Kupang Gelar Vaksinasi

KUPANG, Kilastimor.com-Dalam rangka merayakan HUT Palang Merah Indonesia (PMI) ke-76, PMI Kota Kupang berkolaborasi dengan PT Pegadaian menggelar vaksinasi massal.
Vaksinasi belangsung selama dua hari sejak Kamis (16/9) hingga Jumat (17/9) bertempat di halaman kantor cabang Pegadaian Syariah, Kelurahan Oebobo.

Ketua PMI Kota Kupang, dr. Hermanus Man dalam sambutannya pada puncak perayaan HUT PMI ke-76 yang berlangsung di lokasi vaksinasi, Jumat (17/9) menyampaikan terima kasih kepada PT Pegadaian sebagai bagian dari Kota Kupang, yang telah berkontribusi mendukung upaya percepatan vaksinasi.

Diakuinya PMI sebagai organisasi kemanusiaan selama ini mendapat dukungan dari berbagai pihak dalam menjalankan misinya. Salah satu mitra yang selalu setia mendukung PMI adalah PT Pegadaian. “Sebagaimana slogannya, mengatasi masalah tanpa masalah, PT Pegadaian telah membantu PMI dan Pemkot Kupang dalam mengatasi masalah covid 19 lewat vaksinasi massal ini,” imbuhnya.

Tentang PMI, dr. Herman yang juga adalah Wakil Wali Kota Kupang menuturkan satu bulan setelah proklamasi kemerdekaan RI, 17 Agustus 1945 terbentuklah Palang Merah Indonesia (PMI) pada 17 September 1945. Pemerintah Indonesia mendirikan PMI dengan tiga tugas pokok antara lain untuk menangani masalah kesehatan, mengurus donor darah dan untuk mengurus bencana.

Ditambahkannya kasus covid 19 ini termasuk bencana. Bencana itu bisa dicegah salah satunya dengan vaksinasi. Saat ini vaksinasi di Kota Kupang mencapai 65% dan diperkirakan akhir September ini sudah mencapai 70% atau bahkan lebih. Dengan pencapaian itu diharapkan warga Kota Kupang mencapai kekebalan kelompok (herd immunity), sehingga warga bisa lebih leluasa beraktivitas.

Baca Juga :   Kadistan Malaka: Bantuan Benih Ada dari Pemkab, Pemprov dan Pempus

Deputi Bisnis PT Pegadaian Area Kupang, Imam Subekti saat membuka vaksinasi massal sehari sebelumnya menyampaikan terima kasih kepada PMI Kota Kupang yang sudah mendukung vaksinasi massal yang diinisiasi oleh PT. Pegadaian. Dijelaskannya sebagai BUMN, agen peningkatan perekonomian masyarakat, PT Pegadaian selain menjadi pelaku bisnis yang mencari laba juga memilik tugas sebagai agen pemberdayaan masyarakat melalui CSR, bina lingkungan dan dana kebajikan umat. Dana kebajikan umat merupakan sumbangan dari nasabah yang tekumpul diberdayakan dan dikembalikan kepada masyarakat, salah satunya melalui vaksinasi. Dia berharap vaksinasi massal yang mereka gelar bisa membantu Pemkot Kupang dalam mengatasi pandemi covid 19.

Vaksinasi yang digelar PT Pegadaian bekerja sama dengan PMI Kota Kupang itu menargetkan 1000 orang penerima. Vaksin sinovac diperuntukkan bagi warga usia 12-17 tahun, sementara vaksin astrazeneca diperuntukkan bagi warga usia 18 tahun ke atas.

Turut hadir mengikuti acara tersebut, Pemimpin Wilayah VII PT Pegadaian Kanwil Denpasar, Nuril Islamiah. Deputi Bisnis PT Pegadaian Area Kupang, Imam Subekti, Pemimpin Cabang Pegadaian Syariah Kupang, Perwakilan BPBD Kota Kupang, Perwakilan Dinas Kesehatan Kota Kupang, serta Kepala dan Staf Puskesmas Alak. Sehari sebelumnya vaksinasi diberikan oleh tenaga kesehatan dari Puskesmas Naioni. (*/rino mesak)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top