NASIONAL

Wamenhan RI Buka Pendidikan D3, S1, S2 dan S3 Unhan RI

JAKARTA, Kilastimor.com-Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) RI, Letjen TNI M. Herindra, M.A., M.Sc. secara resmi membuka pendidikan program D3, S1, S2 dan S3 Universitas Pertahanan (Unhan) RI pada 30 Agustus 2021 di Kampus Sentul, Bogor.
Upacara pembukaan juga diikuti secara daring oleh Mahasiswa D3 Politeknik Pertahanan di Kampus Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Pembukaan pendidikan dilaksanakan setelah para Kadet Mahasiswa D3 Cohort 1 dan S1 Cohort 2 selesai melaksanakan Pendidikan Dasar Militer (Diksarmil).
Kadet Mahasiswa D3 menyelesaikan Diksarmil di Batalyon 744/SYB, Tobir, selama satu bulan sedangkan Kadet Mahasiswa S1 Cohort 2 menyelesaikan Diksarmil di Akademi Militer selama dua bulan.
Untuk mahasiswa S2 dan S3 selesai mengikuti Latihan Dasar Bela Negara (Latsar Bela Negara) di Pusdiklatpur Rindam Jaya Gunung Bundar selama tiga minggu dan matrikulasi selama dua minggu.

Pembukaan pendidikan tahun 2021 ini selain dibuka pertama kalinya program D3, juga untuk pertama kalinya dibuka satu kelas internasional untuk Program Studi S2 Defense Diplomacy. Kelas internasional tahun ini akan diikuti dengan kelas internasional berikutnya pada tahun 2022 untuk Program Studi S2 Defense Management.

Pembukaan dua kelas internasional tersebut merupakan rangkaian persiapan akreditasi internasional pada tahun 2023.
Tahun ini Unhan RI juga menerima 11 mahasiswa internasional dari enam negara, yakni tiga mahasiswa dari Zimbabwe diantaranya satu Letkol Angkatan Darat dan dua Police Chief Inspector. Ada juga tiga mahasiswa dari Nigeria yakni dua Kolonel Angkatan Darat dan satu PNS. Dua mahasiswa dari Laos masing-masing dua Mayor Angkatan Darat. Kemudian dua mahasiswa dari Srilanka yaitu dua Letkol Angkatan Darat dan satu mahasiswa dari Pakistan satu Wing Commander Angkatan Udara.

Baca Juga :   Tinjau Budi Daya Itik, Bupati Malaka Kunjungi Bakateu

Hadir pada upacara tersebut para pejabat di lingkungan Kemhan RI, Mabes TNI, Mabes Angkatan, Mabes Polri, STIN, Universitas Indonesia, Universitas Timor dan para guru besar Unhan RI.

Upacara berlangsung dengan khidmat dan ditutup dengan acara tambahan demonstrasi dari para Kadet Mahasiswa D3 dan S1 berupa drill bongkar-pasang senjata, bela diri militer dan pencak silat Merpati Putih dengan pematahan benda-benda keras. Upacara berlangsung dengan Protokol Kesehatan Covid-19 secara ketat. (*/ferdy talok)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top