TIMOR

Danlanud Minta Pemkot Kupang Bangun Jogging Track di Kawasan AURI

KUPANG, Kilastimor.com-Danlanud El Tari, Marsma TNI, Umar Fathurrohman, S.IP., M.Si.,M.Tr (Han) meminta Pemerintah Kota Kupang membangun jogging track dan fasilitas publik di kawasan Angkatan Udara Republik Indonesia (AURI) seputar Bandar Udara El Tari.
Permintaan tersebut disampaikannya saat menemui Wali Kota Kupang, Dr. Jefirstson R. Riwu Kore, MM,MH di ruang kerja Wali Kota Kupang, Senin (25/10). TNI Angkatan Udara menyediakan lahan kosong kurang lebih 2 ha untuk rencana tersebut.

Menurut Danlanud yang baru bertugas di NTT sejak Mei 2021 lalu, ide itu muncul karena melihat tingginya animo warga Kota Kupang yang berolahraga di seputar kawasan Bandara El Tari. Dia kuatir banyaknya warga yang menggunakan badan jalan untuk berolahraga bisa menimbulkan kecelakaan lalu lintas yang merugikan pengguna jalan dan warga yang berolahraga.
Karena itu dia menilai penting dibangun sebuah tempat khusus di seputar wilayah tersebut sebagai tempat bagi warga berolahraga. TNI AU telah menyediakan lahan kosong di kawasan itu untuk dibangun fasilitas tersebut.

Selain jogging track, Danlanud juga minta agar dalam kawasan tersebut dibangun fasilitas olahraga lainnya, seperti lapangan sepak bola dan voli serta rumah makan dan toko yang menjual oleh-oleh khas NTT, sehingga bisa dikunjungi oleh wisatawan yang hendak berangkat melalui Bandara El Tari, karena letaknya yang strategis tepat sebelum pintu masuk ke Bandara El Tari.

Baca Juga :   Badiklat PDIP NTT Gelar Pendidikan Kader Pratama di Soe

Danlanud juga memastikan dukungan terhadap rencana lPemerintah Kota Kupang membangun gerbang masuk Kota Kupang di kawasan Bandara El Tari, yang merupakan bagian dari upaya penataan kota dan pengembangan pariwisata. Menurutnya rencana tersebut sudah disampaikan ke jajaran pimpinan di tingkat yang lebih tinggi, tinggal menunggu tindak lanjut dan pelaksanaannya.

Wali Kota Kupang, Dr. Jefirstson R. Riwu Kore,MM,MH menyambut baik rencana pembangunan fasilitas olahraga di kawasan AURI tersebut. Diakui, jika tidak tersedia fasilitas olahraga dan refreshing yang memadai, bisa membuat masyarakat sumpek dan rentan melakukan tindak kriminal. “Ide ini jadi berkat bagi Kota Kupang hari ini. Kalau bisa kami minta gambar rancangannya supaya segera ditindaklanjuti oleh dinas teknis dan bisa dianggarkan pada tahun anggaran mendatang,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Wali Kota kembali meminta dukungan Danlanud El Tari terkait rencana pembangunan gerbang masuk Kota Kupang di kawasan Bandara El Tari, Kelurahan Penfui. Selain gerbang masuk Penfui, tiga gerbang masuk lainnya yang akan dibangun dalam waktu dekat antara lain, Gerbang Bimoku, Gerbang Belo dan Gerbang Bolok. Pembangunan tersebut dibiayai dengan dana direktif Presiden.

Turut mendampingi Wali Kota Kupang dalam pertemuan tersebut, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Kupang, Ernest S. Ludji, S.STP,M.Si, Kabag Tata Pemerintahan Setda Kota Kupang, Hengky C. Malelak, S.STP,M.Si, beserta kasubag, Kabid Perencanaan, Pengembangan, Pengendalian dan Pelaksanaan Penanaman Modal pada Dinas PMPTSP Kota Kupang, Max Dwight Bunganawa,SH dan Kabid Kawasan Permukiman dan Pertanahan pada Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kota Kupang, Daud Noftianus Nafi, S.STP.
Sementara dari TNI AU turut hadir pula Kadislog Lanud El Tari Kolonel Tek Eri Suryanto, Kasifasint Lanud El Tari Mayor Sus Wahyu Prabowo dan Kakumlanud El Tari Lettu Sus Hendri Sehat. (*/rino mesak)

Baca Juga :   Warga Belu Tewas Gantung Diri di Rotiklot
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top