TIMOR

Pemerintah Kecamatan dan Desa di Malaka Perlu Bekerjasama Atasi Kekurangan Air Bersih

BETUN, Kilastimor.com-Ketersediaan air bersih telah menjadi masalah yang perlu dihadapi bersama. Pemanfaatan sumber secara bersama bisa menjadi solusi mengatasi kekurangan air.

Kepala BP4D Malaka, Remigius Asa,SH, usai membuka Kegiatan  pelatihan penguatan kapasitas pemerintah desa dan kecamatan tentang kerja sama desa terkait air minum dan sanitasi, program Pamsimas yang diikuti sebanyak 58 Kepala desa di Hotel Ramayana betun, Senin (11/10/2021) mengemukakan, kegiatan diikuti Kepala desa dan dilaksanakan selama 4 hari mulai 13-14 Oktober, harus bekerjasama untuk ketersediaan dan kelancaran air bersih serta sanitasi.

Pemerintah desa dan kecamatan sebutnya, harus bekerjasama untuk kelancaran Air bersih dan sanitasi. Kegiatan ini merupakan kerja sama yang dibangun sesuai peraturan desa dan kesepakatan bersama untuk pemanfaatan satu titik sumber air bersih yang akan dialirkan ke desa tetangga.

“Terkait kegiatan hari ini adalah kerja sama. Sehingga bagaimana ini dibuatkan peraturan desa. Dimana para desa membuat suatu kerja sama yang baik memanfaatkan satu titik sumber air untuk di gunakan bersama sama oleh masyarakat desa setempat dan desa tetangga yang dimaksud,”. ujar Remigius Asa.

Dari kegiatan dimaksud juga dapat meningkatkan kapasitas kecamatan dan desa bersama-sama melakukan berkolaborasi menyediakan sumber air bersih kepada masyarakat setempat.

Remi Asa juga menjelaskan, sejak Tahun 2017 lalu, dianggarkan anggaran dari Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah (APBD) dengan total kurang lebih 284.000.000, juga mendapat penambahan dana dari pemerintah pusat dan dimasukkan ke Dinas Pekerjaan Umum (PU) Malaka, guna penyiapan air bersih. (edy sumantri)

Baca Juga :   Polsek Raihat Berhasil Selamatkan Delapan Warga Tohe yang Terjebak Banjir
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top