TIMOR

Rehab Tiga Rujab Pimpinan DPRD Belu Habiskan Anggaran Rp 1,2 Miliar

ATAMBUA, Kilastimor.com-Proyek rehabilitasi Rumah Jabatan (Rujab) Ketua dan Wakil Ketua DPRD Belu menuai kontroversi.
Pasalnya, ditengah defisitnya anggaran dilingkup Pemda Belu, dan masa pandemi, proyek rehabilitasi yang bukan merupakan hal urgen tetap dilaksanakan.

Lebih dari situ, sebelum proyek dijalankan, tepatnya 13 September 2021 lalu, Wabup Belu, Aloysius Haleserens telah mengeluarkan surat untuk menghentikan semua belanja barang dan jasa. Namun terkesan dipaksakan dan tetap dilanjutkan.

Proyek rehabilitasi pagar rujab pimpinan DPRD Belu itu tak tangung-tanggung menelan anggaran Rp 1,2 miliar.

Sekretaris DPRD Belu, Servasius Boko H. Mau ketika dikonfirmasi di ruang kerjanya menjelaskan bahwa pelaksaan proyek konstruksi rujab tiga pimpinan DPRD Belu tidak mengangangkangi surat Wakil Bupati.

Disebutkan, perencanaan rehab rujab pimpinan tersebut berjalan jauh sebelum diterbitkannya surat Bupati Belu dan sudah terdaftar di Unit Layanan Penyedia (ULP).

“Kalau mengangkangi tidak. Surat itu diterbitkan itu prosesnya sudah jalan. Karena proses jalan di ULP, ada mekanisme yang harus dilalui, ada tahapan-tahapannya sebelum surat keluar dokumen ini sudah masuk di ULP. Yang tidak boleh itu setelah Pak Wakil Bupati mengeluarkan surat itu. Kalau yang belum terdaftar di ULP itu tidak boleh lagi dilaksanakan. Intinya kita mendahului surat wakil Bupati,” ungkapnya.

Dari sisi mekanisme penganggaran lanjut Sekwan juga tidak menyalahi aturan. Hal ini lantaran anggaran yang digunakan untuk pekerjaan rehab rujab pimpinan tersebut adalah APBD murni tahun 2021.

Baca Juga :   Uskup: Perbanyak Buat Kebajikan dan Kebaikan

Terpisah, Wakil Ketua I DPRD Belu, Cyprianus Temu yang dikonfirmasi mengatakan no comment.

Sesuai pantauan media ini, tiga rujab pimpinan DPRD masing-masing tengah dikerjakan oleh kontraktor.
Hanya rujab Ketua DPRD Belu, yang selama ini ditempati Ketua DPRD Belu, Jeremias Manek Seran Jr., sedangkan dua rujab Wakil Ketua tak terhuni. (ferdy talok)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top