TIMOR

Remi Asa: Tekan Stunting Perlu Peran Multi Sektor

BETUN, Kilastimor.com-Rembuk stunting merupakan salah satu rangkaian pramusyawarah desa untuk penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Desa tahun 2022, juga menjadi amanat Pemerintah Pusat dan Kabupaten terhadap pemerintah desa agar memprioritaskan penggunaan dana desa tahun 2022 untuk pencegahan dan penanganan stunting.

“Rembuk Stunting merupakan suatu langkah penting yang harus dilakukan pemerintah kabupaten, untuk memastikan pelaksanaan rencana kegiatan intervensi pencegahan dan penurunan stunting dilakukan secara bersama-sama antara OPD penanggung jawab layanan dengan sektor/lembaga non-pemerintah dan masyarakat.
Pemerintah Kabupaten Malaka secara bersama-sama melakukan konfirmasi, sinkronisasi dan sinergisme hasil Analisis Situasi dan rancangan Rencana Kegiatan dari OPD penanggung jawab layanan,” bilang Remigius Asa, SH selaku Kepala Badan (Kaban) Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP4D) Kabupaten Malaka, saat ditemui media ini disela Acara Rembuk Stunting di adalah Hotel Cinta Damai Kabupaten Malaka provinsi NTT, Kamis (7/10/2021).

Menurut Remi Asa sapaan Karibnya, penanganan stunting itu perlu peran multi Sektor dan melibatkan semua pihak, karena kegiatan ini untuk kepentingan generasi yang akan datang sehingga dengan kegiatan rembuk stunting ini sudah ada tugas pokok dan fungsinya masing-masing, untuk bersama bergandengan tangan mengurangi stunting di Kabupaten Malaka.

“Ada yang menganggap bahwa kegiatan rembuk stunting ini ditangani oleh BP4D dan Dinas Kesehatan saja itu keliru. Kita jangan berpikir seperti rel kereta api sama-sama lurus tapi tidak ketemu,” ujarnya.

Baca Juga :   Pengerjaan Drainase di Pasar Baru Sisakan Material yang Berserakan

Kegiatan Rembuk Stunting dibuka oleh Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekda Malaka, Silvester Letto dan dihadiri oleh Pimpinan OPD, camat dan kepala desa lingkup Kabupaten Malaka. (edy sumantri)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top