TIMOR

Gereja St. Fransiskus Xaverius Bolan Mulai Bercahaya dan Terindah di Malaka

Inilah Gereja Bolan yang bercahaya di malam hari.

BETUN, Kilastimor.com-Gereja Katolik Santo Fransiskus Xaverius Bolan tampil indah dan bermandikan cahaya pasca renovasi.

Untuk diketahui, peletakan batu pertamanya dilakukan oleh Uskup Atambua, Mgr Dominikus Saku, Pr diikuti oleh Forum Koordinasi pimpinan Daerah (Forkopimda)
yang berlokasi di desa Fahiluka Bolan, Kecamatan Malaka Tengah, Kabupaten Malaka, NTT. Gereja tersebut di renovasi sejak 29 Mei 2021 lalu.

Gereja yang rusak akibat bencana Seroja itu, tampak sangat indah dan bermandikan cahaya malam hari dan dihiasi patung-patung kudus disampingnya.

Sofiandi asal Jakarta merupakan donatur pembangunan Gereja St. Fransiskus Xaverius Bolan.
Sofiandi yang juga sebagai Ketua Umum Perkumpulan Sosial Himpunan Bersatu Teguh Sumatra Barat dan Riau sudah banyak membantu pembangunan rumah sakit Katolik dan gereja diberbagai daerah di Indonesia.

Pembangunan Gereja Paroki St. Fransiskus Xaverius Bolan juga dibantu oleh donatur lokal dari Atambua yakni Frans Tanjung asal Atambua, Tarsisius Tey Seran, Kim T, Jhin Surya, Ferdinand Tanjung, Hilarius Gunawan, Patrick Edwin dan Robert Layantara.

Sedangkan dari Betun Kabupaten Malaka, Frits Oematan, Viktor Lijaya, Benny Chandradinata, Roy Tey Seran dan Pranoto Simu.
Donatur dari Kupang, Charles.J Angkriwang dan Josef Maubere dari Surabaya.

Donatur Sofiandi kepada media, Rabu (3/11/2021) menceritakan perjalanan singkat pembangunan Gereja Bolan.
“Perjalanan pembangunan gereja ini sangat singkat. Kebetulan saya ada keperluan dengan Romo Situs. Saya kesulitan menuju gereja karena terjebak lumpur. Lalu saya paksaan masuk ke belakang dan saya amati gedung gereja yang sudah miring akibat bencana,” paparnya.

Baca Juga :   Kurangan PPL, Dinas Pertanian Malaka Kaji Kebutuhan Tenaga

Selanjutnya, dirinya minta izin untuk merobohkan diding itu karena risikonya besar bagi umat jika dibiarkan.

Melihat kondisi itu, semua teman-teman donatur berniat membangun gereja baru. Puji dan syukur niat bersama teman teman terlaksana.

Donatur lokal asal Betun, Frits Oematan saat dihubungi media ini membenarkan hal itu dan saat ini Gereja Paroki St. Fransiskus Xaverius Bolan sudah memasuki tahapan finishing. Gereja ini boleh dikatakan terindah di wilayah Kabupaten Malaka. “Saya berharap kalau sudah selesai pembangunannya, umat rajin beribadah dan menjaga serta merawat satu satunya gereja terindah di Kabupaten Malaka,” harapanya. (edy sumantri)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top