RAGAM

HKN 2021, CD Bethesda YAKKUM Area Malaka Gelar Sejumlah Kegiatan

BETUN, Kilastimor.com-Dalam memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) 12 November 2021, CD. Bethesda YAKKUM Area Malaka menggelar sejumlah kegiatan, Senin (15/11/2021).
HKN 2021 mengambil tema “Sehat Negeriku, Tumbuh Indonesiaku”.

Manager CD. Bethesda YAKKUM Area Malaka, Heni Pesik kepada media mengemukakan, dalam memperingati HKN 2021, seluruh elemen bangsa Indonesia terutama di Malaka, menghadapi tantangan covid-19 dan ekstrimnya cuaca akibat pemanasan global.
“Sudahkah kita semua memiliki mimpi bersama untuk mewujudkan sehat negeriku,” tanyanya.

Dia berharap masyarakat terus menjaga kesehatan mulai dari diri sendiri, sehingga memutus mata rantai covid-19 yang belum juga tuntas ditangani.

Terkait pembangunan, Indonesia dan Malaka pada khususnya harapnya, bisa terus bertumbuh dalam pemulihan ekonomi, sosial, budaya dan politik serta infrastruktur yang lebih berkualitas, sebagai suatu bangsa yang besar ditengah dunia. “Sudah sepatutnya semua pihak bergandengan tangan saling bersinergi mewujudkan masyarakat Malaka sehat dan Indonesia sehat, sekalipun di tengah tantangan pandemi covid 19,” sebutnya.

Malaka paparnya, memiliki banyak potensi di Malaka yang dapat dikelola untuk mewujudkan visi  “Terwujud Kabupaten Malaka yang berdaya, berkarakter, berakhlak, mandiri, berkeadilan  dan sejahtera serta tangguh menghadapi covid” bilangnya.

Masih menurutnya, dalam
memperingati HKN, UPKM/CD Bethesda YAKKUM area Malaka memfasilitasi serangkaian kegiatan yaitu
Pertama penandatangan Perjanjian Kerja Sama antara Pemerintah Desa Bonibais, Nauke Kusa, Oenaek, Uabau dan Bisesmus Kecamatan Laenamanen dengan Puskesmas Uabau tentang Peningkatan Pelayanan Kesehatan Masyarakat Yang Berkualitas. Kegiatan itu dilaksanakan di Aula Kantor Desa Oenaek, Kecamatan Laenmanen Kamis, (11/11/2021.

Baca Juga :   BPK Provinsi NTT Audit Keuangan Dilingkup Pemkab Malaka Selama 25 Hari

Kedua, Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Pemerintah Desa Webriamata, Weoe, Weulun, Biris dan Rabasa Biris Kecamatan Wewiku dengan Puskesmas Weoe, bertempat di Kantor Desa Weoe, pada Jumat, (12/11/2021 bertepatan dengan memperingati Hari Kesehatan Nasional.

Penandatanganan 0erjanjian kerja sama antara pemerintah desa dengan Puskesmas, sebagai upaya untuk memperkuat komitmen meningkatkan pelayanan kesehatan yang berkualitas di desa berbasis potensi dan inisiatif masyarakat.

Disamping itu, juga untuk memperkuat pelayanan pemerintah desa dan puskesmas dalam percepatan prioritas di bidang kesehatan antara lain: 1. Ibu melahirkan di fasilitas kesehatan; 2. Bayi mendapat imunisasi dasar lengkap; 3. Bayi mendapat ASI eksklusif; 4. Balita dipantau pertumbuhan; 5. Pencegahan dan penanganan stunting; 6. Pengembangan dan pemanfaatan pangan sehat dan herbal; 7. Pencegahan dan pengendalian penyakit menular maupun penyakit tidak menular; 8. Difabel fisik dan mental mendapat pengobatan dan tidak diterlantarkan; 9. Keluarga mempunyai akses air bersih; 10. Keluarga mempunyai akses jamban sehat.

Mengawali kegiatan penandatanganan perjanjian kerja sama, tersebut Lanjut Heni,  peserta disambut oleh perwakilan lembaga adat desa dengan pantun Fehan, “Hakau hola ba haman hola ba, ha’i be fafudi ha’i be ta lara, hodi hare hutun no reno feto no mane, bodik moris diak no kmanek” yang artinya mari bergandeng tangan, saling bahu membahu, bersepakat, saling memberi pendapat, untuk melihat masyarakat agar hidup sehat dan sejahtera. (edy sumantri)

Baca Juga :   Imigrasi Kelas II Atambua Bentuk Tim Pengawasan Orang Asing
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top