TIMOR

Mutasi Perdana, 170 Pejabat Malaka Diambil Sumpah

BETUN, Kilastimor.com-Bupati Malaka, Dr. Simon Nahak, SH,MH dan Wakil Bupati, Louise Lucky Taolin, S.SoS melakukan mutasi perdana pejabat eselon dilingkup Pemda Malaka.

Sebanyak 170 orang pejabat eselon III dan IV telah diambil sumpah jabatan dan pelantikan/pengukuhan pejabat struktur dari dan dalam jabatan. Sejumlah pejabat mendapat mutasi datar, ada juga yang dipromosi. Pelantikan sendiri berlangsung di Aula Kantor bupati Malaka, Jumat (12/11/2021) petang.

Hadir pada kesempatan itu, Wakil Ketua II DPRD Malaka, Hendrik Fahik, Kapolres Malaka,  AKBP Rudy Junus Jacob Ledo SH S.IK  Danramil 1605-04 Betun, Mayor Inf. Ahmad Hartono, Pimpinan Cabang (Pinca) Bank NTT Cabang Betun, Juan Nerda A. Taneo, SE, M.Si, dan para pejabat eselon II Lingkup Pemda Malaka.

Bupati Malaka, Simon Nahak dalam arahannya menekankan soal disiplin kerja, loyalitas dan kerjasama tim yang solid dalam membangun Malaka. Pelantikan dan pengukuhan jabatan ini merupakan hal yang lumrah dalam tata kelola pemerintahan.

“Saya tekankan lagi soal disiplin. Saya waktu awal memimpin pemerintahan ini, sewaktu saya masuk kantor belum ada orang. Ini kita bicara hal kecil soal disiplin. Apakah mau saya terapkan aturan seperti semasa saya di kampus misalnya mahasiswa datang terlambat saya usir. Kalau seperti itu saya siap saja tapi apakah harus seperti itu,” tegas Simon.

Dirinya menegaskan, berkenaan dengan disiplin ini maka mulai Januari 2022 akan diterapkan absen wajah sehingga tidak saling menipu.

Baca Juga :   Ribuan Hektare Sawah di Raihat Disapu Banjir Bandang

“Saya minta kita kerja profesional. Jabatan itu amanah dan berkat karena tidak semua orang dipercayakan. Jaga integritas moral,” pinta Simon.

Bupati Simon juga menekankan bahwa pemerintahan di Malaka cuma satu Bupati yaitu Simon Nahak. Jangan lalu muncul ada bupati-bupati lain.

“Saya tekankan lagi bahwa SK pelantikan dan pengukuhan ini tidak absolut, tidak kekal. Jadilah pemimpin, jangan sombong dan harus beretika dan berbudaya. kerja disiplin bangun kerja sama. Tetap loyalitas jangan kasak kusuk. Mari kita  bangun Malaka dengan kerja nyata tidak dengan mulut,” pesan Simon.

Wakil Ketua II DPRD Malaka, Hendrik Fahik mengawali sambutannya dengan memberi catatan kritis soal suasana pelantikan. Dirinya melihat ada perbedaan yang sangat jauh, suasana pelantikan pada zaman Bupati Malaka, dr. Stefanus Bria Seran, MPH atau SBS dengan suasana saat ini.

“Saya lihat suasananya beda. Saya jadi anggota DPRD Malaka baru 7 tahun, tapi suasana pelantikan beda dengan zaman SBS. Peserta semua berdiri terpaku tapi suasana sekarang, saat bupati masih dalam suasana resmi ada pejabat yang dilantik keluar masuk seenaknya,” kritik Hendrik.

Hendrik menilai mutasi jabatan itu biasa dan apa yang dipercayakan pimpinan daerah harus ditunjukkan dengan karya nyata. Harus segera menyesuaikan diri dengan kerja-kerja tim di dinas agar pada pembahasan APBD Murni 2022 mulai pekan depan semua siap untuk dibahas bersama Dewan.

Baca Juga :   Jembatan Alternatif di Benenain Miring

“Saya atas nama lembaga Dewan ucapkan profisiat dan ini amanah dan berkat yang harus ditunjukkan dengan kinerja yang baik dalam membantu bupati dan wakil bupati Malaka,” tutupnya. (edy sumantri)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top