TIMOR

Launching KMS, Bupati Malaka Harap Bisa Tekan Stunting

BETUN, Kilastimor.com-Bupati Malaka melaunching program Kartu Malaka Sehat (KMS). Disaat bersamaan, juga dilakukan penandatanganan nota kesepakatan antara BPJS kesehatan Cabang atambua tentang optimalisasi Program JKN melalui program KMS dan publikasi data Stunting di Kabupaten malaka tahun 2021.
Kegiatan dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Malaka, Senin (6/12/2021).

Bupati Malaka, Dr.Simon Nahak SH.MH dalam sambutannya mengatakan, dimasa kepemimpinannya bersama Wakil Bupati Malaka, Louise Lucky Taolin, S.SoS .erkomitmen memberi perhatian serius terkait kesehatan masyarakat Kabupaten Malaka.

Bupati Simon berharap dengan program KMS ini, angka Stunting di Malaka yang masih 21,5 persen dapat turun hingga mencapai 10 persen hingga 2024. “Supaya capaian ini berhasil, diharapkan semua pihak terlibat baik dari tingkat kabupaten, camat hingga desa,” paparnya.

Kemajuan sebuah daerah katanya, tergantung pada kesahatan warga sebagai pelaku pembangunan. Maka dari itu langkah penting yang dilakukan adalah meluncurkan program KMS. Program KM sebenarnya dilaunching bersamaan dengan Kartu Malaka Cerdas (KMC) tetapi ditunda karena masih dilakukan pemilahan kembali.

“Ada yang sudah dapat BPJSkes, Kartu Indonesia Sehat (KIS) tentu tidak bisa dapat KMS. Makanya baru dilaunching sekarang karena masih verifikasi lagi data,” jelas Simon.

Dijelaskan Simon, saat ini angka stunting di Malaka masih tinggi sebagaimana dilaporkan Kadis Kesehatan Malaka bahwa masih 21,5 persen. Angka ini harus segera diturunkan dan perlu gerakan bersama. 

Baca Juga :   Uskup Pimpin Rekoleksi di Dekenat Malaka. "Data Belum Terkoneksi, Jadi Celah Pengiriman Migran Illegal"

Kades dan camat saya minta terus sosialisasi dan tahu apa yang harus dibuat. Tugas camat selaku pejabat  birokrasi itu ada tiga yakni pengawasan dibidang pemerintahan, mengawal proses pembangunan karena merupakan perwakilan bupati di kecamatan dan melaksanakan tugas pelayanan kemasyarakatan.

Dirinya berharap dengan dilaunchingnya KMS ini semua pihak saling berkolaborasi untuk menekan serendah mungkin angka stunting.
Khusus KMS, Bupati Simon menyebut sudah disiapkan 4.863 kartu dari target 5.800 kartu yang harus diluncurkan ke warga. Dirinya meminta terus dikawal demi kesehatan dan kesejahteraan masyarakat malaka

Kegiatan dihadiri para pimpinan OPD, camat, tim BJS dari Atambua, para penerima KMS perwakilan dari setiap kecamatan. (edy sumantri)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Most Popular

To Top