NASIONAL

Pantau Lokasi Food Estate Rotiklot, Anggota DPR RI Ini Sebut Penanaman Jagung Gagal

Anggota DPR RI, Ansy Lema pantau Food Estate Rotiklot, Rabu (27/4/2022).

ATAMBUA, Kilastimor.com-Kegagalan penanaman jagung di Food Estate Rotiklot, Desa Fatuketi, Kecamatan Kakuluk Mesak, Belu, NTT mendapat perhatian serius dari Anggota Komisi IV DPR RI, Yohanis Fransiskus Lema.

Anggota Fraksi PDI Perjuangan itu turun langsung ke lokasi Food Estate Rotiklot, Rabu (27/4/2022) untuk melihat secara langsung jagung yang ditelah ditanam secara simbolis oleh Presiden Joko Widodo, pada 24 Maret 2022 lalu.

Wakil rakyat dari Dapil NTT 2 itu diterima Kadis Pertanian Belu, Gela Lay Rade, Kabid Tanaman Pangan, Paskalia Bere Leki, Kades Fatuketi, Markus Taus, Kades Jenilu, Robert Novak, tenaga PPL dan puluhan kelompok tani.

Ansy Lema sapaan karibnya, terlihat kecewa dengan program Foot Estate Rotiklot yang dikerjakan Kementerian Pertanian bersama Dinas Pertanian Belu. Pasalnya, pasca jagung ditanam oleh presiden Jokowi sebulan lalu, tak terlihat satupun jagung yang tumbuh.

Melihat kondisi itu, ia langsung bertanya kepada Kadis Pertanian Belu dan kelompok tani, dimana lokasi presiden menanam jagung. Setelah ditunjuk lokasinya, ia kemudian bertanya apakah jagung tumbuh atau tidak. Apakah jagung itu telah dipanen sehingga tidak terlihat sama sekali, dan kini lahannya telah diolah lagi?

Mendapat pertanyaan itu, Kepala Dinas Pertanian Belu, Gela Lay Rade menjelaskan, memang presiden telah menanam jagung secara simbolis. Namun jagungnya tidak tumbuh. Pihaknya juga, tidak bisa melanjutkan penanaman jagung, karena petani kawatirkan air pasokan air menggunakan spinkle yang tidak merata, sehingga bisa menyebabkan gagal tanam lagi.

Baca Juga :   Nyaris Terobos Istana Presiden, Perempuan Bersenjata Diamankan Paspampres

Disebutkan, pihaknya bersama kelompok tani telah bersepakat melanjutkan penanaman jagung mulai akhir bulan ini di lokasi Food Estate. “Lahan sudah kami olah dan kami tanami jagung lagi,” timpalnya.
Mendapat penjelasan itu, apakah upaya ini akan berhasil atau gagal lagi? Ia berharap berhasil.

Pages: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top