TIMOR

Dinsos Belu: Sisa Dana JPS 2021 akan Diajukan di APBD Perubahan 2022

ATAMBUA, Kilastimor.com-Bantuan Jaring Pengaman Sosial (JPS) triwulan empat tahun 2021 bagi masyarakat penerima manfaat belum dibayar Dinas Sosial Kabupaten Belu di kabupaten Belu.

Terkait kondisi ini, masyarakat masih mengharapkan dana bantuan tersebut bisa disalurkan pemerintah, karena anggaran itu ada dan telah dimasukan dalam APBD Perubahan 2021 lalu.

Kabid Penanganan Fakir Miskin, Dinas Sosial kabupaten Belu, Elok Wahju Hidayat menyampaikan, dana bantuan JPS untuk penerima di kabupaten Belu sedikit mengalami keterlambatan penyaluran karena ada temuan dari BPKP, soal data penerima batuan JPS di kabupaten Belu.

Elok mejelaskan, sesuai temuan BPKP data penerima bantuan JPS yang bermasalah ada sebanyak 791 orang. Setelah ditelusuri hanya 636 data masyarakat yang bermasalah dan telah dinyatakan dihapus dari data penerima bantuan JPS.

Elok mengatakan, Dinas Sosial kabupaten Belu telah menerima SK yang dikeluarkan BPKP untuk menyalurkan bantuan JPS kepada masyarakat kabupaten Belu, namun karena masalah ketersedian dana, maka Dinas Sosial dalam waktu mendatang akan mengusulkan dalam sidang perubahan anggaran mendatang.

“Kita terlambat melakukan penyaluran karena ada temuan BPKP, temuan BPK tersebut ada 791 data penerima yang bermasalah. Setelah pengecekan kembali di lapangan dan verifikasi data bermasalah hanya 636 penerima. yang bermasalah dan dinyatakan dihapus dari data penerima JPS Selanjutnya. Kita sudah terima SK dari BPKP cuman karena masalah anggaran maka kita akan ajukan di sidang perubahan mendatang,” bilang Elok Wahju, Senin (23/5/2022).

Baca Juga :   Pemkab Malaka Jangan Berkelit Soal Teko

Elok Wahju memastikan, saat ini data penerima JPS sudah benar dan sesuai, jika di lsetujui dalam sidang perubahan maka para penerima bantuan JPS di Kabupaten Belu dipastikan akan segera kembali menerima bantuan tersebut.

“Kita lihat dalam sidang perubahan jika DPRD menyetujui maka tentu sudah bisa disalurkan kepada masyarakat,” tutupnya. (*/ferdy talok)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Most Popular

To Top