HUKUM & KRIMINAL

Kunjungi Korban, Bupati Malaka Tegaskan Kawal Penuntasan Kasus Persetubuhan Anak Dibawah Umur

Bupati Malaka Simon Nahak bersama pimpinan OPD Malaka disela mengunjungi korban di Kakaniuk.

BETUN, Kilastimor.com-Bupati Malaka, Simon Nahak meminta semua pihak, untuk sama-sama mengawal agar proses hukum tetap berjalan. “Kita parcayakan kepada Pihak kepolisian, saya yakin dan percaya pihak kepolisian Polres Malaka kerjanya profesional,” bilang Bupati Malaka Dr.Simon Nahak, S.H.,M.H, saat mengunjungi Melati korban kekerasan persetubuhan dan eksploitasi anak dibawah umur di kediamannya, Desa Kakaniuk Kecamatan Malaka Tengah, Kabupaten Malaka, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Selasa (10/5/2022).

Lebih lanjut Simon Nahak mengatakan, dirinya tadi sudah bertemu dengan Kapolres Malaka, AKBP Rudy Junus Jakob Ledo S.H.,SIK dan orangnya cukup sigap atas kasus ini. “Kapolres tegaskan dia tidak main-main dalam menagani kasus Persetubuhan dan eksploitasi anak, merujuk pada suatu tindakan penggunaan anak untuk manfaat orang lain, kepuasan atau keuntungan yang sering mengakibatkan perlakuan tidak adil, kejam, dan berbahaya terhadap anak,” kata Bupati Simon.

Menurut Bupati, kasus ini harus diutamakan dan diperhatikan serta tidak ada intervensi dari pihak manapun. “Kalau soal pelaku menggunakan lawyer mau membela silakan, itu profesi mereka. Selaku pemerintah daerah yang bekerjasama dengan pihak kepolisian mengawasi masalah ini harus sampai kepengadilan. Ingat tidak ada manusia yang kebal hukum,” tegas SN sapaan Bupati Malaka.

Ia juga menegaskan, yang terlibat kasus ini, jangankan orang dekatnya, anak kandung pun jika terlibat, dirinya tidak peduli dan harus di proses sesuai hukum yang berlaku.
“Saya juga meminta kepada para wartawan kita sama-sama mengawal kasus ini. Namun terkait pemberitaan saya berharap cobalah buat berita sedikit menyejukkan apalagi berita tentang kekerasan seksual terhadap anak dibawah umur harus berpedoman pada kode etik jurnalistik dan menjaga identitas korban, Karna korban masih dibawah umur agar masa depan anak tetap terjaga,” pintanya.

Baca Juga :   Lakalena Serahkan Kartu Anggota, Stefanus Bria Seran Resmi jadi Kader Partai Golkar

Masih menurutnya, bila tidak berhalangan, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, I Gusti Ayu Bintang Darmawati, S.E, M.Si,  akan datang ke Malaka Rabu besok, untuk mengunjungi korban dan berdiskusi dengan pihak kepolisian.
(edy sumantri)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Most Popular

To Top