TIMOR

Puskesmas Nualain Kembali Disegel Warga. Ini Alasannya

Lagi, Puskesmas Nualain disegel warga.

ATAMBUA, Kilastimor.com-Puskesmas Nualain, Kecamatan Lamaknen, Belu, kembali disegel pemilik tanah, Dago Bertus Sili sekeluarga, Selasa (21/6/2022) pagi.

Penyegelan kembali terjadi setelah Bupati Belu, Taolin Agustinus belum menjawab apa yang menjadi tuntutan pemilik tanah Puskesmas Nualain.

Diberitakan sebelumnya, puskesmas itu segel oleh warga, karena janji pengangkatan tenaga kontrak (Teko) dari keluarga pemilik tanah tidak diakomodir, Jumat (3/6/2022) lalu.

Namun setelah terjadi kesepakatan antara warga dengan Camat Lamaknen Selatan dan Kepala Desa Nualain serta tokoh masyarakat setempat, Puskesmas dibuka kembali pada siang harinya.
Hadir pada kesempatan itu, Camat Laksel, Marius Dominggus Mau Bele, Kades Nualain, Martinus Seran dan KTU Puskesmas, Maria J. Manbait.

Dago Bertus Sili salah satu pemilik tanah kepada media ini, Selasa (21/6/2022) mengatakan, pihaknya pada hari ini kembali menyegel Puskesmas Nualain. Pasalnya setelah hampir tiga minggu memberi kesempatan kepada pemerintah untuk mengakomodir teko yang merupakan keluarga pemilik lahan Puskesmas, namun belum juga terealisasi. “Hari ini kita segel lagi Puskesmas Nualain, karena Pemda Belu belum jawab kesepakatan kami terkait teko. Kami akan buka segel setelah semua jelas,” katanya.

Dikemukakan, pada 2017 lalu warga menyerahkan tanah kepada Dinkes Belu untuk pembangunan Puskemas Nualain, dengan janji lima orang keluarga pemilik tanah diakomodir menjadi teko.

Namun pada tahun 2022, hanya satu orang yang diakomodir sebagai teko, sedangkan empat orang tidak diakomodir. Bahkan satu diantaranya belum diakomodir sama sekali sejak 2018 lalu.

Baca Juga :   DPRD Kabupaten Kupang Kecewa dengan Pemkab Terkait Penanganan Korban Badai Seroja

Kapolsek Lamaknen, IPDA Yesaya Lontorin yang dikonfirmasi membenarkan adanya penyegelan Puskesmas tersebut. “Benar puskesmas Naulain disegel warga,” bilangnya. (ferdy talok)

Adapun teko yang harus diakomodir masing-masing:
1.Benediktus Yosep Hale, (Sudah Diakomodir jadi tenaga kontrak dari Tahun 2018 s/d 2022)
2.Astry Anjelina Lese Mau, (Diakomodir Dari Tahun 2018 s/d 2021)
3.Maria Emiliana Loe, (Diakomodir Dari Tahun 2017 s/d 2021)
4. Yustina Febriana Bita, (Diakomodir Dari Tahun 2019 s/d 2021)
5. Stela Maria Rosari Sili, (Belum Diakomodir)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Most Popular

To Top