TIMOR

SMPN 5 Kota Kupang Uji Coba Program Merdeka Belajar. Ini Hambatan yang Ditemui

KUPANG, Kilastimor.com-Program merdeka belajar telah diterapkan oleh Kementerian Dikbudristek.
Merdeka Belajar adalah suatu pendekatan yang dilakukan supaya siswa dan mahasiswa bisa memilih pelajaran yang diminati. Hal ini dialkukan supaya para siswa dan mahasiswa bisa mengoptimalkan bakatnya dan bisa memberikan sumbangan yang paling baik dalam berkarya bagi bangsa.

Program merdeka belajar mulai diterapkan oleh sekolah-sekolah. Salah satunya, Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 5 Kota Kupang.

Kepala Sekolah SMPN 5 Kota Kupang Ferderik Mira Tade, S.Pd. kepada media mengatakan, penerapan Kurikulum merdeka belajar belum seratus persen dan masih dalam tahap uji coba.

Kurikulum Merdeka Belajar katanya, merupakan salah satu Kurikulum baru yang dikeluarkan Mendikbudristek. Tahap uji coba kurikulum merdeka belajar telah mulai diterapkan di Sekolah-Sekolah di seluruh Indonesia sejak awal semester Ganjil 2021/2022 ini.

Menurutnya, penerapan Kurikulum merdeka belajar di SMPN 5 Kota Kupang belum bisa diterapkan seratus persen karena masih tahap uji coba pada kelas tujuh.

“Kita kan masih taraf belajar kurikulum baru ini,” Kata Ferderik, Selasa (01/11/2022).

Ia juga menjelaskan, pemberlakuan Kurikulum Merdeka Belajar nanti tahun 2024. Sehingga saat ini tahap uji coba Sekolah masih proses belajar.

“Pemberlakuan pelaksanaannya nanti 2024 jadi sekarang masih taraf uji coba. Kami di lapangan belum seratus persen melakukan itu, kami masih belajar,” jelasnya.

SMPN 5 Kota Kupang juga berniat menerapkan seratus persen kurikulum Merdeka Belajar tersebut.
Ferderik juga mengungkapkan, terdapat kendala yang mereka hadapi dalam penerapan Kurikulum Merdeka Belajar yang suda berjalan hampir satu semester ini. Kendala yang dihadapi SMPN 5 Kota Kupang ini yakni ketersediaan Sumber Belajar sebagai pegangan guru maupun pegangan siswa.

Baca Juga :   Mantan Wabup Kupang Viktor Tiran Dibui 1 Tahun

Pages: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top