RAGAM

Menporsenibud Timor Leste Undang Pemkot Kupang Hadiri Festival di Perbatasan RI-RDTL

Plh Sekda Kota Kupant dan Menporsenibud Timor Leste bertukar cenderamata

Sementara itu, Menteri Muda Kementerian Pemuda, Olahraga, Seni dan Budaya RDTL melalui sambutannya menyampaikan tujuan kedatangan ke Kota Kupang adalah ingin mengajak secara langsung Pemerintah Kota Kupang untuk berpartisipasi pada Festival tersebut. Dijelaskannya akan terdapat berbagai pertukaran budaya serta mempromosikan rekonsiliasi budaya antar kedua negara.

Ia meminta delegasi melalui Konsulat RDTL yang ada di Kota Kupang untuk saling berkoordinasi sehingga Kota Kupang dapat mengambil bagian pada Festival tersebut. Harapannya melalui kolaborasi yang dilakukan, dapat memberi kesempatan bagi warga keturunan Timor Leste yang ada di Indonesia, khususnya Kota Kupang untuk dapat hadir dan mengambil bagian dalam Festival Seni Budaya dan Olahraga tersebut bersama sejumlah kabupaten yang ada di perbatasan dengan RDTL. Terkait lokasi dan waktu pelaksanaan akan diinformasikan oleh tim teknis bersama Konsulat RDTL.

Salah satu delegasi yang hadir yaitu Direktur Eksekutif Centro Chega, Hugo Maria Fernandes menjelaskan terkait festival yang direncanakan akan berlangsung pada bulan Oktober tersebut bertujuan untuk menjembatani dan menghidupkan kembali hubungan persaudaraan yang sempat renggang sejak referendum kemerdekaan Timor Leste tahun 1999. Sejumlah konsep pelaksanaan festival yang akan dilakukan antara lain Festival Budaya dan Olahraga, seminar yang membahas tentang dampak konflik bagi generasi yang akan datang serta estetika melankolis melalui pameran karya seni.

Terkait peserta, kegiatan juga akan diikuti masyarakat yang ada di perbatasan terkhususnya masyarakat Timor Leste maupun masyarakat kelahiran Timor Leste namun sudah menetap sebagai Warga Negara Indonesia (WNI). Ia berharap dengan adanya kegiatan seperti ini dapat dijadikan sebagai ajang berbagi pengalaman untuk dapat membangun suatu rekonsiliasi budaya yang baik.

Baca Juga :   Terima API 2020, Wali Kota Optimis Raih Lagi Tropi Berikutnya

Acara ditandai dengan penyambutan berupa tutur adat atau ‘Natoni’ oleh sejumlah siswa Sekolah Dasar di Kota Kupang, kemudian di akhir acara dilakukan penyerahan cindera mata baik dari Pemerintah kota Kupang maupun dari Pemerintah RDTL. Turut mendampingi Plh. Sekda, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekda Kota Kupang, Ignasius Repelita Lega, SH., serta para pimpinan perangkat daerah terkait. (*/ferdy talok)

Pages: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top