EKONOMI

Transaksi Valas di Bank NTT Atambua Didominasi Dollar Amerika

Adrianus M. Pontus

ATAMBUA, Kilastimor.com-Bank NTT telah resmi menjadi bank devisa per 31 Agustus 2023 lalu, sesuai izin yang dikeluarkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Untuk menjalankan fungsi Bank Devisa, Direksi Bank NTT telah menetapkan 11 Cabang untuk melakukan fungsi tersebut. Salah satunya Bank NTT Cabang Atambua.

Kepala Cabang Bank NTT Atambua, Adrianus M. Pontus kepada media ini, Senin (18/3/2024) di ruang kerjanya mengemukakan, Bank NTT Cabang Atambua telah menjalankan fungsi sebagai bank devisa.

Saat ini terangnya, pihaknya telah memberi pelayanan pembukaan rekening tabungan maupun giro Valuta Asing (Valas) bagi para nasabah. Adapun nasabah yang telah membuka rekening valuta asing yakni pengusaha di Belu yang melakukan transaksi valuta asing maupun warga Timor Leste. “Sekarang sudah jalan. Pengusaha Indonesia maupun Timor Leste termasuk masyarakat umum bisa mbuka rekening tabungan dan giro,” ungkapnya.

Untuk warga Timor Leste, aturan membolehkan untuk membuka rekening tabungan maupun giro di Bank NTT Cabang Atambua. Dokumen yang dibutuhkan adalah paspor.

Disamping itu ujar Ady Pontus sapaan karibnya, Bank NTT Atambua juga memberi pelayanan money changer untuk menukar mata uang asing. Salah satu langkah terkait money changer yakni membuat layanan mobile yang melayani penukaran mata uang asing di PLBN Motaain. “Setiap selasa, kita beri layanan mobile money changer atau penukaran uang kepada warga Timor Leste yang akan berbelanja di Motaain, Indonesia. “Money changer dihadirkan untuk mempermudah trasaksi warga Timor Leste di Indonesia, juga sebagai upaya menjaga kedaulatan rupiah di perbatasan,” timpalnya.

Baca Juga :   Pemda Malaka Raih Mimpi WTP. SBS: Ini Hasil Kerja Pemda dan DPRD

Pages: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top