POLITIK

Pio Bria Nyatakan Siap Maju dalam Pilkada Belu 2024. Ini Sosoknya

ATAMBUA, Kilastimor.com-Jelang suksesi Bupati dan Wakil Bupati Belu 27 November 2024 mendatang, mulai muncul sejumlah kandidat. Kandidat pemimpin Belu mulai dimunculkan. Salah satunya Pius Agustinus Bria. Pius digadang-gadang menjadi Calon Bupati maupun Wakil Bupati Belu.

Tentu banyak yang bertanya akan sosok ini. Namun pastinya, Pius Agustinus Bria yang kerap disapa Pio memiliki sejumlah pengalaman yang patut diperhitungkan.

Sosok muda kelahiran Atambua itu tidak bisa dianggap enteng karena memliki modal pengalaman berorganisasi maupun karier profesionalnya di tingkat nasional yang mumpuni.

Pio lahir dari keluarga politisi dimana ayahnya, Philipus Bria, BA pernah menjadi anggota DPRD Kabupaten Belu periode 2004-2009 dari Partai Golkar. Sementara ibundanya Blandina Fahik, wanita yang aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan.

Pio mulai bergelut dengan organisasi dengan menjadi Ketua Senat Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Widya Mandira Kupang (2009-2011) dan Wakil Ketua Senat Mahasiswa Universitas (2011-2012). Ia juga dipercayakan menjadi pengurus beberapa organinsasi ekstra kampus termasuk organisasi mahasiswa asal Kabupaten Belu dan Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI).

Bermula dari GMNI Cabang Kupang, Pio lalu bergabung dengan Presidium GMNI di Jakarta. Tentu bukan sekedar melengkapi struktur atau mengisi jatah daerah. Pio terpilih lantaran dianggap memiliki skill kewirausahaan. Ia mengisi jabatan Wakil Ketua Bidang Ekonomi dan Kepala Badan Usaha Gerakan Ekonomi Organisasi Presidium GMNI 2013-2015.

Baca Juga :   Terkait Pelayanan BBM di SPBU, DPRD Malaka Bakal RDP dengan Bagian Ekonomi dan Pengusaha

Prestasi yang gemilang itu menjadi modal baginya sehingga dipilih secara aklamasi menjadi Sekretaris Jenderal (Sekjen) Presidium GMNI (2015-2017). Disinilah titik puncak mimpi untuk bergelut lebih jauh.

Menjadi Sekjen Presidium GMNI membuka peluang Pio untuk berkiprah di pentas politik. Agar semakin matang, ia lalu belajar di Lemhanas RI. Lemhanas adalah panggung para pemimpin nasional. Belajar di Lemhanas, membuat Pio punya cukup modal menjadi pemimpin politik maupun kepala daerah.

Pius pernah menjadi Kepala Bidang Kewirausahaan dan UMKM DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI). Lalu menjadi Komite Tetap UMKM Kadin Nusa Tenggara Timur (KADIN NTT) pada Tahun 2022.

Pages: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top