HUKUM & KRIMINAL

Kanwil Kemenhumham NTT Sosialisasi Layanan Kewarganegaraan dan Pewarganegaraan di Belu

ATAMBUA, Kilastimor.com-Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) melakukan sosialisasi layanan kewarganegaraan dan pewarganegaraan.

Kegiatan sosialisasi itu berlangsung di Hotel King Star Atambua, Jumat (14/6/2024) dan dibuka oleh Kepala Bidang Pembinaan, Bimbingan, Teknologi Informasi dan Komunikasi Gideon I.S Pali dengan dihadiri para camat dan lurah dan kepala desa di Belu, juga pasangan yang menikah beda kewarganegaraan.

Gideon Pali dalam sambutannya mewakili Kakanwil Kemenhumham NTT menegaskan hak atas kewarganegaraan harus dipenuhi, dihormati dan dilindungi sesuai amanat amanat konstitusi dalam pasal 2D ayat 4 Undang-Undang Dasar 1945 yang menyatakan bahwa setiap orang berhak atas status kewarganegaraan.

“Status kewarganegaraan merupakan bagian dari hak asasi manusia yang dijamin dan dilindungi oleh negara,” ujar Gideon.

Ia juga menyebutkan, soal kewarganegaraan juga diatur dalam Pasal 25 ayat 1 UU Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia, yang menyatakan bahwa setiap orang bebas memilih kewarganegaraannya dan tanpa diskriminasi berhak menikmati hak serta kewajibannya sebagai warga negara sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Baca Juga :   Guru SMAK Suria Atambua Ikut Microteaching

Pages: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top